Menghapus Virus BIOS

Apa itu BIOS?
BIOS (basic input-output sistem) adalah kumpulan instruksi teknis yang memberitahu komputer Anda bagaimana untuk boot. Informasi BIOS tidak disimpan dalam hard drive, melainkan dalam memori flash pada motherboard. Karena BIOS merupakan komponen penting dari sistem boot, kesalahan atau virus di BIOS dapat membuat kinerja komputer benar-benar tidak dengan cara normal. Namun, virus yang paling dikenal yang mampu menginfeksi BIOS tidak dirancang untuk menutup operasi mesin sepenuhnya.
Tanda-tanda computer Anda terinfeksi virus BIOS
BIOS virus sangat sulit untuk disingkirkan, tetapi untungnya, mereka sangat langka. Karena BIOS benar-benar terpisah dari hard disk komputer, software anti virus yang normal tidak akan pernah menangkap virus BIOS. Oleh karena itu, jika Anda mengalami perilaku sistem yang hanya dapat disebabkan oleh virus, namun anti virus Anda tetap menyatakan computer dalam keadaan bersih, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin memiliki virus dalam BIOS. BIOS akan tetap tidak berubah bahkan jika Anda benar-benar memformat hard disk anda dan menginstal ulang sistem operasi Anda. Yang paling umum dikenal tentang virus BIOS adalah sering membuat pesan peringatan yang mengatakan komputer terinfeksi oleh virus. Pesan ini diikuti dengan pembukaan otomatis browser Web dan pemuatan halaman untuk pemindaian virus palsu dan penghapusan perangkat lunak. Sepertinya, pencipta virus ini hanya mencari keuntungan dengan menipu pengguna komputer memasukkan informasi kartu kredit mereka ke situs ini.

Persiapan menghapus virus BIOS
Sayangnya, menghapus virus BIOS membutuhkan banyak proses. Anda bisa berusaha untuk melakukan ini sendiri jika Anda merasa sudah ahli dengan back up data Anda, menginstal ulang seluruh sistem operasi Anda dan bekerja pada sistem dasar komputer Anda. Semua langkah-langkah ini sangat penting karena akan berdampak langsung pada komputer anda.

Back up Data dan Membuat Boot Disk
Pertama, back-up semua data penting Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menyimpan file Anda di removable drive / flash disk, mentransfer mereka ke hard drive eksternal atau menyimpannya ke sebuah DVD atau CD rewritable. Setelah Anda melakukan semuanya, matikan komputer Anda. Selanjutnya, akses komputer yang terinfeksi untuk terhubung ke Internet. Arahkan ke situs web perusahaan yang memproduksi motherboard atau komputer Anda dan men-download utilitas flash BIOS yang sesuai dari merk motherboard anda. Banyak produsen menyediakan utilitas ini pada situs mereka, tetapi jika Anda mengalami kesulitan, hubungi produsen secara langsung. Setelah Anda telah men-download utilitas flash BIOS, simpanlah ke dalam CD.

Konfigurasi ulang BIOS dan Menginstal ulang OS
Kembali ke komputer yang terinfeksi, pada kasus ini, lepaskan kabel di bagian belakang hard drive. Hal ini tidak perlu dilakukan jika anda ingin menghapus hard drive sepenuhnya. Biarkan terbuka untuk saat ini. Masukkan CD boot dengan utilitas flash BIOS di CD drive dan menyalakan komputer. Anda akhirnya akan melihat halaman setup dengan beberapa pilihan. Pilih opsi yang memungkinkan Anda untuk mengubah urutan boot BIOS. Ketika Anda sampai ke layar berikutnya, mengubah pengaturan sehingga komputer akan boot dari drive CD pertama. Kembali ke menu utama dan pilih pilihan untuk reboot sistem. Tunggu untuk sistem untuk boot sepenuhnya. Gangguan daya pada tahap ini dapat merusak BIOS, jadi usahakan listrik tetap stabil. Setelah utilitas flash BIOS menunjukkan bahwa proses sudah selesai dan meminta untuk reboot atau mematikan komputer, sambungkan kembali hard drive dan reboot komputer secara manual. Ketika reboot komputer, gunakan disk instalasi sistem operasi untuk memformat semua hard drive dan menginstal ulang sistem operasi Anda dari awal. Setelah proses instalasi ulang OS selesai, komputer Anda akan berfungsi normal lagi.

Untuk langkah secara mendetail, akan dijelaskan pada petunjuk produsen masing-masing motherboard.

6 Komentar untuk "Menghapus Virus BIOS"

  1. laptop ane udah kena virus di bios gan
    bmana cara mengatasinya
    mohon pencerahannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download firmware bios sesuai dengan merk laptop agan, biasanya sudah disediakan di website resminya. Biasanya sudah disediakan langkah2 untuk memperbaiki/update BIOS.

      Hapus
  2. Laptop saya mati total gan..! Awal nya banyak virus, saya matiin laptop nya, eh malah gak bisa hidup, layat nya cuma hitam gak ada apa apa, padahal mesin nya hidup..! Kalo agan bisa kasih solusi cara memperbaiki nya tolong cara nya..! Servis jauh saya di kampung
    Email saya zhulsurvey@gmail.com tolong yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau awalnya banyak virus, bisa jadi OSnya yang bermasalah jadi ga bisa booting sama sekali, sepertinya harus install ulang itu,.

      Hapus
  3. Gimana cara install ulang OS nya gan? Kan layar nya cuma hitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Install ulang berarti yang sistem yang lama dihapus trus diisi dengan sistem yang baru lagi, agan harus punya installernya, biasanya berupa CD yang berisi OS. Nanti booting-nya diganti ke CD-drive,

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel