Rabu, 12 Desember 2018

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10

Aplikasi untuk networking atau jaringan yang akan kita bahas berikut ini memiliki tampilan yang mudah dan sederhana tetapi banyak fiturnya, dan yang penting dapat diunduh gratis dari Microsoft Store di Windows 10.

Tool-tool jaringan untuk Windows biasanya berupa program perintah baris atau aplikasi desktop. Di lingkungan sistem operasi Windows 10, ada jenis aplikasi metro, yaitu aplikasi yang bisa kita unduh langsung dari Microsoft Store online dan 100% kompatibel dengan lingkungan Windows 10. Berikut ini daftar 10 aplikasi jaringan yang tersedia di Microsoft Store dan dapat kita manfaatkan untuk mengatur dan maintenance jaringan kita:

All My LAN

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan All My LAN
All My LAN mencantumkan alamat IP jaringan kita, nama profil, dan kecepatan download dan upload maksimum. Jumlah data yang telah dikirim dan diterima melalui jaringan digambarkan dalam dua diagram garis. Dengan menggerakkan scroll, kita dapat menyesuaikan bagan untuk menunjukkan jumlah data yang dikirimkan sepanjang hari ini atau 30 hari terakhir. Bagan juga dapat dikombinasikan untuk membuat gambaran sebagai satu grafik.

Aplikasi ini juga dapat memindai layanan DNS multicast atau perangkat UPnP yang terhubung ke jaringan kita. Mengeklik nama perangkat atau layanan yang ditemukan akan menampilkan informasi tentangnya, seperti alamat IP, produsen, serta nama dan model produknya.
Baca juga: Kelebihan Teknologi Wireless Terbaru Wi-Fi 6

Data Usage

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan Data Usage
Aplikasi ini dapat memonitor jaringan pada desktop atau laptop Windows 10 dan menampilkan semua data seluler atau jaringan Wi-Fi yang terhubung. Saat kita menjalankan Data Usage untuk pertama kalinya, mungkin diperlukan waktu beberapa saat hingga satu menit atau lebih karena aplikasi ini akan memeriksa semua data komputer kita yang brehubungan dengan koneksi jaringan.

Data Usage menyajikan jumlah data yang telah digunakan komputer di jaringan dalam bentuk diagram garis dan diagram pai. Grafik garis menghitung jumlah total data untuk setiap jaringan yang terhubung ke komputer kita selama bulan berjalan. Diagram pai memaparkan berdasarkan persentase berapa banyak data yang digunakan pada setiap jaringan selama rentang tanggal yang dipilih. Laporan dapat diekspor sebagai file CSV, yang memecah jumlah data yang digunakan hari itu.

Network Inspector

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan Network Inspector
Aplikasi ini terdiri dari tool yang memindai informasi tentang sinyal jaringan terdekat, termasuk Wi-Fi dan Bluetooth. Ketika fitur Bluetooth Watcher diaktifkan, Network Inspector akan terus memperbarui daftar perangkat Bluetooth yang berada dalam jangkauan. Aplikasi ini memiliki kotak pencarian yang dapat kita gunakan untuk menemukan perangkat Bluetooth yang mentransmisi dengan memasukkan ID perangkat ke dalamnya.

Fitur lain adalah HTTP inspector, memindai dan mencantumkan server HTTP apa pun di subnet lokal dari jaringan tempat menjalankan komputer Windows 10 kita. kita dapat melihat halaman yang ditemukan, dan informasi lain, seperti header tiap paket.

Network Port Scanner

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan Network Port Scanner
Network Port Scanner adalah pemindai port standar untuk memeriksa jaringan kita mengenai setiap port yang terbuka dan mengungkapkan alamat IP yang terbuka. Kita dapat memasukkan berbagai IP dan port pada aplikasi ini untuk memindai, serta menetapkan batas waktu dalam milidetik.

Termius

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan Termius
Termius adalah klien SSH lengkap yang memungkinkan kita terhubung ke host, atau multitask dengan menghubungkan ke beberapa host sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga mendukung port-forwarding. Kita dapat mengatur server di bawah kategori grup, serta memasangkan kredensial dan server untuk akses yang lebih cepat.

Kita dapat menyesuaikan tampilan sesi dengan memilih dari beberapa tema warna dan font yang dapat diubah ukurannya, sehingga lebih mudah untuk membedakan masing-masing grup jika kita terhubung ke banyak kelompok server dalam waktu yang sama.

UDP Sender/Receiver

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan UDP Sender/Receiver
Sesuai namanya UDP (User Datagram Protocol), aplikasi ini memungkinkan kita mengirim pesan UDP  seperti datagram ke klien lain dan menerima paket UDP untuk menguji respons dari protokol ini di jaringan kita. UDP Sender/Receiver memiliki tiga mode penggunaan: Sender Only memungkinkan kita memasukkan nomor IP remote dan port jarak jauh untuk host, datagram dan aplikasi kemudian mengirim datagram ke klien lain. Dalam mode Receiver Only, aplikasi mendengarkan paket UDP dari port lokal. Mode Sender/Receiver menggabungkan dua fungsi ini: mengirim datagram kita dan mendengarkan tanggapan.

vxUtil

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan vxUtil
vxUtil adalah rangkaian aplikasi jaringan dan internet yang umum digunakan. vxUtil memiliki banyak fitur seperti audit DNS, pencarian DNS, finger, pemindai port, kalkulator subnet, dan pencarian WHOIS. Selain itu juga juga memiliki fitur untuk mendapatkan kode HTML dari URL, menghidupkan komputer dari jarak jauh melalui Wake-on-LAN yang sedang dalam kondisi sleep atau dimatikan, dan melihat jam pada server waktu. Tampilan yang sangat sederhana namun memiliki banyak fitur penting.

Wake on LAN (Magic Packet)

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan Wake on LAN (Magic Packet)
Aplikasi ini memungkinkan kita membuat shortcut untuk menyalakan komputer atau perangkat lain di jaringan LAN kita. Di Wake on LAN, kita membuat konfigurasi untuk perangkat tertentu (memasukkan namanya, alamat MAC dan jika pada WAN maka perlu memasukkan host dan port). Konfigurasi ini dapat di pin ke menu Start pada Windows, sehingga kita dapat mengaktifkan perangkat hanya dengan sekali klik.
Baca juga: Mematikan Komputer Otomatis di Windows 10

What's IP

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan What's IP
Aplikasi ini mirip dengan All My LAN, tetapi lebih sederhana dan dengan fungsi live tile pada menu Start. What's IP menampilkan spesifikasi tentang jaringan tempat komputer kita berada, dilengkapi diagram bar dan garis yang mewakili jumlah data yang digunakan komputer kita. Kita melihat semua ini di satu halaman aplikasi ini, tanpa perlu mengklik ke tempat lain. Preset memungkinkan kita melihat informasi ini mulai dari 24 jam terakhir hingga 28 hari terakhir. Detail umum tentang jaringan yang digunakan komputer kita juga ditampilkan di live tile dari What's IP. Hal ini cukup efektif untuk melihat sekilas tanpa perlu membuka aplikasi.

WiFi Analyzer

10 Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10
Aplikasi Jaringan Gratis untuk Windows 10 dengan WiFi Analyzer
Ada banyak aplikasi Windows yang dapat memeriksa sinyal Wi-Fi, termasuk beberapa yang ada di daftar di atas. Tetapi jika kita ingin hanya berfokus pada jaringan Wi-Fi, dan memberi kita grafik untuk menggambarkan kekuatan sinyal masing-masing, WiFi Analyzer adalah pilihan yang baik serta gratis.

WiFi Analyzer menunjukkan kekuatan sinyal jaringan Wi-Fi di sekitar kita secara real-time. Kita dapat mengubah grafik ini antara grafik garis atau parabola. Kita juga dapat mengganti grafik ini untuk menampilkan band yang berbeda (yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz). Halaman lain menunjukkan di grafik bar kekuatan sinyal dan detail teknis dari semua sinyal Wi-Fi terdekat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon