Rabu, 26 September 2018

Inilah YouTube Premium, Wajib Tahu Sebelum Menggunakannya

Baru-baru ini, Google meluncurkan YouTube Music dan YouTube Premium. YouTube Music adalah layanan streaming musik yang menawarkan fitur yang mirip dengan apa sudah yang ada di Google Play Music. Sedangkan YouTube Premium adalah layanan streaming musik, dengan bonus tambahan YouTube bebas iklan.

Inilah YouTube Premium, Wajib Tahu Sebelum Menggunakannya

Karena Google memiliki terlalu banyak nama untuk banyak layanan, sehingga membuat orang rancu dan bingung dengan layanan yang dimaksud. Hal-hal berikut perlu diketahui sebelum menggunakan layanan-layanan yang ditawarkan oleh Google ini.

YouTube Music

Layanan YouTube Music merupakan pesaing dari Spotify atau Apple Music karena memiliki basis konten yang sama. Melalui aplikasi YouTube Music, pengguna bisa mendaftar, streaming musik, atau menonton video musik di YouTube. Kita bisa mencari musik favorit berdasarkan genre, daftar putar/playlist dan rekomendasi, semua dalam aplikasi. Ada dua jenis paket yang berbeda. Pertama adalah paket gratis yang didukung iklan, kedua adalah paket berbayar dengan biaya $ 9,99 bagi mereka yang menginginkan kemampuan pemutaran pada latar belakang dan mengunduh musik tanpa iklan.

Tersedia aplikasi untuk pengguna iOS dan Android, serta situs web khusus untuk mendengarkan versi desktop. Sayangnya, saat ini layanan YouTube Music masih belum tersedia di Indonesia, namun kita tetap bisa mendaftar sehingga saat peluncuran di Indonesia kita akan mendapatkan notifikasi.
Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Tersembunyi YouTube

YouTube Red berubah nama menjadi YouTube Premium

YouTube Red yang dirilis 2 tahun lalu kini sudah tiada. Karena layanan YouTube bebas iklan ini sekarang berganti nama menjadi YouTube Premium.

Inilah YouTube Premium, Wajib Tahu Sebelum Menggunakannya
Layanan YouTube Premium (mashable.com)


Jadi, apa itu YouTube Premium? YouTube Premium mencakup semua yang termasuk dalam langganan YouTube Music (streaming bebas iklan, konten yang dapat diunduh, pemutaran latar belakang, dll) dan pengalaman YouTube bebas iklan dan akses ke konten YouTube Original. Anda juga akan mendapatkan kemampuan untuk mengunduh video YouTube untuk ditonton secara offline.

Sayangnya, YouTube Premium mematok harga yang sedikit lebih tinggi dari YouTube Music, yaitu seharga $ 11,99 per bulan.
Baca juga: Tips Menonton Video di YouTube

Google Play Music

Lantas, bagaimana dengan Google Play Music? Semua sudah termasuk dalam paket. Jika Anda mendaftar ke YouTube Music atau YouTube Premium, Anda juga memiliki akses penuh ke dalam Google Play Music. Tapi perlu diingat, pustaka musik dan daftar putar Anda tetap terpisah dalam dua layanan. Oleh karena itu, di masa yang akan datang semoga Google akan menggabungkan keduanya sehingga pengguna cukup menggunakan satu solusi untuk layanan yang ditawarkan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon