Minggu, 15 Oktober 2017

Trik Memperkuat Sinyal HP

Trik Memperkuat Sinyal HP
Jaman sekarang adalah era saling terhubung, online di mana saja, update status kapan saja. Namun tetap saja beberapa dari kita tentunya pernah mengalami berada di daerah terpencil dimana tidak ada sinyal. Atau lebih parah lagi di rumah atau tempat kerja sinyal adalah barang langka. Berikut ini kita akan belajar cara memperkuat sinyal HP dengan mudah, baik ketika berada di dalam ruangan yang tertutup atau di daerah terpencil.

Penyebab buruknya sinyal mungkin kita terlalu jauh dari menara terdekat, atau mungkin ada banyak rintangan yang mengganggu sinyal, dan banyak faktor lain. Beberapa gangguan umum terjadi saat kondisi sinyal buruk antara lain:
  • Panggilan tidak tersambung
  • Kualitas suara buruk
  • Internet lemot
  • Pesan teks & email tidak terkirim
  • Sosial media offline
  • dll

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sendiri ataupun dengan bantuan pihak lain untuk membuat sinyal seluler di sekitar kita semakin baik. Berikut beberapa tips dan trik mudah yang bisa Anda coba:

MENGHILANGKAN HALANGAN
Ponsel dan menara ponsel saling terhubung setiap kali Anda menggunakan layanan. Jika salah satu memberi sinyal makan yang satunya akan menerimanya, dan juga sebaliknya. Ketika ada benda dan penghalang di antaranya, akan sedikit sulit bagi keduanya untuk berkomunikasi.
Bila Anda melihat orang mengangkat ponsel mereka atau mendekati jendela, pada dasarnya mereka berusaha mengurangi interferensi antara ponsel dan menara seluler.

Trik Memperkuat Sinyal HP
Trik Memperkuat Sinyal HP

Hal ini disebabkan beberapa faktor yang menyebabkan sinyal seluler buruk:
  • Jarak menara seluler
  • Rintangan eksternal (pohon, bukit, gunung, lembah, struktur logam & bangunan tinggi)
  • Bahan bangunan & konstruksi (logam, beton, dinding tebal, instalasi hemat energi, dll)
  • Rintangan internal (benda elektronik, benda logam, magnet atau elektronik apapun dapat mengganggu gelombang)
  • Cuaca

Beberapa langkah sederhana untuk meminimalisir rintangan:
  • Pindah ke luar ruangan atau mendekati jendela.
  • Hindari berdiri di bawah atau di dekat struktur bangunan tinggi
  • Kurangi benda-benda interior dalam ruangan
  • Cari tempat yang lebih tinggi.

Semua tips ini akan membantu Anda mendapatkan penerimaan sinyal HP yang lebih baik.
Seperti disebutkan, cuaca juga dapat mempengaruhi layanan juga, seperti hujan dan badai petir.

KETAHUI LOKASI MENARA TELEPON SELULER TERDEKAT
Mengetahui lokasi menara ponsel terdekat sangat membantu saat menerima penerimaan terbaik, sehingga Anda tahu dimana lokasi terdekat ke menara dan semakin baik pula kekuatan sinyal yang didapat.
Beberapa cara untuk mengetahui lokasi sinyal terbaik:
  • Situs Web
Anda bisa mengakses halaman Antenna Search, Call Reception, Open Signal, dll
  • Aplikasi
Beberapa aplikasi pencari sinyal antara lain OpenSIgnal, RootMetrics, dll
  • Pencarian Manual
Ponsel Anda adalah cara yang paling bagus untuk menemukan kekuatan sinyal. Sinyal ponsel diukur dalam dB (desibel) yang merupakan gelombang radio, jenis AM/FM. Semua perangkat selular beroperasi dalam standar ini yaitu pada kisaran tingkat sinyal -50 dB sampai -120 dB. -50 dB dianggap kekuatan penuh (full bar), -120 dB dianggap sebagai zona mati. Berjalanlah berkeliling rumah dan amati kekuatan sinyal yang didapat di masing-masing tempat. Area yang memiliki kekuatan sekitar -50 dB adalah tempat Anda mendapatkan sinyal terbaik.

Trik Memperkuat Sinyal HP
Trik Memperkuat Sinyal HP

Jadi, bagaimana kita menemukan ukuran sinyal di ponsel kita? Bagi pengguna Android bisa dicek di Phone Information pada menu Setting > About > Network atau pada beberapa ponsel dengan menekan menu Internal Memory sebanyak 5 kali.

Bagi pengguna iPhone bisa menekan nomor *3001#12345#* untuk membuka Field Test Mode.
Baca juga: Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X

JAGA KAPASITAS BATERAI TETAP PENUH
Ponsel melakukan banyak hal menggunakan daya dari baterai. Tetap terhubung ke menara seluler membutuhkan daya yang konstan, jadi jika lowbat maka ponsel mungkin tidak memiliki cukup tenaga untuk menemukan sinyal. Itu sebabnya banyak smartphone memiliki mode hemat baterai. Beberapa sumber mengatakan dengan mengaktifkan Airplane Mode selama beberapa detik akan membuat penerimaan sinyal menjadi lebih baik.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu menghemat daya baterai ponsel:
  • Matikan fitur yang berhubungan dengan perangkat keras seperti Bluetooth dan NFC bila tidak digunakan.
  • Kurangi kecerahan layar
  • Tutup aplikasi yang tidak terpakai yang bekerja di latar belakang
  • Nonaktifkan push notification
  • Update ke firmware terbaru
  • Jauhkan telepon dari suhu ekstrim
Baca juga: Mengehemat Baterai Handphone Android

JANGAN MENUTUP ANTENA PONSEL
Trik Memperkuat Sinyal HP
Trik Memperkuat Sinyal HP
Sebelum munculnya smartphone, kebanyakan ponsel memiliki antena eksternal. Antena adalah bagian penting dari perangkat yang menerima dan mengirim sinyal. Namun, kebanyakan smartphone saat ini antenanya memiliki desain internal yang ada di dalam ponsel. Memang terlihat lebih bagus tapi lebih sulit untuk penerimaan sinyal karena antena interior harus bekerja lebih keras. Penggunaan pelindung HP juga bisa saja mempengaruhi kinerja antena.

Ketika menggunakan ponsel pada posisi tertentu, misalnya landscape yang membuat tangan bisa tanpa sengaja menghalangi antena. Meskipun smartphone yang lebih baru memiliki desain untuk mengatasi masalah ini.

Untuk menghindari masalah antena semacam itu, coba pegang telepon Anda dalam posisi tegak dengan antena Anda bebas dari halangan, ini akan membantu meningkatkan penerimaan sinyal ponsel.

MEMBUAT ALAT PENGUAT SINYAL SENDIRI
Masyarakat Indonesia terkenal sangat kreatif. Munculnya masalah sinyal tidak menghalangi mereka untuk mencari berbagai cara memperkuat sinyal di HP mereka. Anda bisa googling dan menemukan cara-cara memperkuat sinyal HP, antara lain:
  • Meletakkan HP di dalam kaleng atau gelas kaca. Cara ini sudah saya buktikan bisa meningkatkan sinyal beberapa bar dengan memasukkan smartphone ke dalamnya dan meletakkannya di tempat yang agak tinggi.
Trik Memperkuat Sinyal HP
Trik Memperkuat Sinyal HP

  • Menempelkan silet yang sudah dimagnetisasi dan dibungkus aluminium foil di casing belakang HP. Trik ini juga pernah saya coba, hasilnya tidak begitu terlihat meskipun kadang-kadang sinyal meningkat sedikit. Hati-hati jika menggunakan cara ini ketika berada di tempat-tempat tertentu seperti di bandara karena silet termasuk benda tajam.
Trik Memperkuat Sinyal HP
Trik Memperkuat Sinyal HP

  • Membuat antenna penguat sinyal sendiri. Berbagai bentuk antenna bisa Anda cari di internet yang dirancang khusus untuk memperkuat sinyal HP.
Trik Memperkuat Sinyal HP
Trik Memperkuat Sinyal HP

  • Alat penguat sinyal, bisa berupa stiker yang ditempel di belakang HP dan repeater sinyal yang bisa dibeli di toko elektronik tertentu.

GANTI OPERATOR
Mungkin ini adalah jurus terakhir yang bisa kita lakukan. Ganti operator berarti kita harus ganti nomor baru. Bagi yang sudah memiliki nomor tertentu selama bertahun-tahun pasti cara ini tidak mudah. Tapi dalam keadaan tertentu mungkin ini adalah cara terbaik.
Namun sebelum Anda melakukannya, ada baiknya untuk mencoba menghubungi operator seluler Anda. Cara ini pernah saya lakukan karena memang tempat tinggal saya termasuk dalam blind spot, dimana lokasinya hampir tepat berada antara 2 menara operator yang saya gunakan, sehingga sinyal yang didapat sangat minim karena merupakan area terjauh dari kedua merana tersebut. Saya komplain ke CS dengan mengatakan bahwa beberapa waktu terakhir sinyal di daerah tempat tinggal sering error, bahkan saya sempat mengirimkan koordinat Google Maps. Beberapa kali saya dihubungi baik melalui telepon dan email. Setelah beberapa bulan terlihat hasilnya, sekarang sinyal selalu penuh dan koneksi lancar.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon