Rabu, 11 Oktober 2017

Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X

Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X
iPhone X adalah smartphone flagship terbaru dari perusahaan teknologi Apple yang mengusung layar OLED berukuran 5,8 inci, pengenalan wajah dan fungsi kamera 3D, bodi kaca, dan prosesor A11 Bionic. Smartphone canggih ini dibekali sederet fitur canggih yang tidak dimiliki versi pendahulunya. Fitur-fitur baru apa sajakah yang dimiliki iPhone X?


Secara umum spesifikasi iPhone X adalah sebagai berikut:
  • 5.8 "layar OLED
  • Prosesor A11 Bionic yang lebih cepat
  • Bodi kaca
  • Layar edge-to-edge (dari tepi ke tepi)
  • Pengenalan wajah
  • Tidak ada tombol Home
  • Pengisian daya wireless induktif
  • Animoji

Layar OLED Dilengkapi Fitur HDR
Layar pada iPhone X adalah fitur pertama yang menarik perhatian yang memenuhi permukaan depan. Layar depan 5,8 inci menyatu dengan bodi stainless steel melengkung yang mewah mengelilingi bodi kaca yang tersedia dalam dua lapisan pearlescent: Space Grey dan Silver. Keduanya dilengkapi panel depan berwarna hitam.

Layar Super Retina mengadopsi teknologi OLED untuk menampilkan warna yang lebih nyata dan rasio kontras 1:1.000.000. Layar OLED ini bisa menghasilkan warna hitam yang jauh lebih dalam. Hal ini dilakukan dengan mematikan piksel yang dianggap hitam, sedangkan pada layar LCD, piksel tersebut tetap menyala. Dengan demikian, ada manfaat lain berkat teknologi OLED yaitu daya tahan baterai yang lebih baik.

Dengan resolusi 2436 x 1125 piksel dan kerapatan 458 piksel per inci, menjadi yang tertinggi dibanding iPhone sebelumnya. Dengan dukungan HDR, Wide color, 3D Touch, dan True Tone untuk menyesuaikan keseimbangan putih layar agar sesuai dengan pencahayaan sekitar.

Dengan desain mutakhir, tidak ada lagi tombol Home, jadi iPhone X mengadopsi penggunaan baru. Geser ke atas di bagian bawah layar akan menampilkan Home Screen, sementara geser dan tahan akan menampilkan App Switcher. Ada fitur Tap to Wake untuk melihat notifikasi, tombol samping dapat ditekan dan ditahan untuk mengaktifkan Siri, dan Control Center dapat diakses dengan menggeser ke bawah dari status bar atas.
Baca juga: Apa itu Gorilla Glass pada Smartphone?

Daya Tahan Baterai Lebih Lama
Terlepas dari semua teknologi baru di iPhone X, daya tahan baterai menjadi salah satu fitur andalan karena manajemen daya yang lebih baik dari pada iPhone 8.

Sebelumnya, fitur baterai tidak mengalami banyak peningkatan baik dari segi kapasitas baterai atau teknologinya, misalnya iPhone 8 bisa bertahan hampir sama dengan iPhone 7, serta iPhone 8 Plus bisa bertahan hampir sama dengan iPhone 7 Plus. Sedangkan iPhone X bisa bertahan hingga 2 jam lebih lama dari iPhone 7.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan beberapa trik dengan iPhone X yang tidak dilakukan pada model iPhone lainnya adalah memanfaatkan layar OLED dengan menggunakan wallpaper hitam dan mode malam di aplikasi tertentu karena seperti dijelaskan sebelumnya bahwa dengan warna hitam maka layar akan otomatis mematikan piksel, sehingga Anda bisa menghemat masa pakai baterai tambahan dari iPhone X.

Dual OIS
Ketiga versi iPhone sebelumnya hadir dengan kamera belakang 12 megapiksel dan 7 megapiksel di depan, baik iPhone X dan iPhone 8 Plus memiliki sensor kamera belakang tambahan. Kamera ganda ini memiliki dua lensa yang berbeda: wide angle dan telephoto. Tapi Apple menambahkan dua fitur ekstra ke dalam kamera iPhone X.

Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X
Fitur Kamera Terbaru iPhone X

Pertama, iPhone X memiliki optical image stabilization (OIS) untuk kedua kamera. iPhone 8 Plus hanya memiliki OIS pada kamera wide-angle-nya saja, sehingga kamera telephoto lebih rentan terhadap guncangan kamera.

Kedua, lensa telephoto iPhone 8 Plus memiliki aperture f/2.8, sedangkan iPhone X memiliki lensa telephoto f/2.4, membuat pengambilan gambar minim cahaya dengan lensa telephoto di iPhone X jauh lebih bagus.
Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X
Fitur Sensor Terbaru iPhone X



Face ID
Layar iPhone X memanjang dari ujung atas sampai ke tepi bawah, hanya menyisakan ruang kecil di bagian atas yang menampung sejumlah sensor, termasuk kamera TrueDepth yang baru. Ini berarti tidak ada lagi tombol home dan yang lebih penting lagi, tidak ada sensor Touch ID.

Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X
Fitur Face ID Terbaru iPhone X

Sebagai gantinya, dengan iPhone X Anda sekarang harus menggunakan fitur yang disebut Face ID untuk membuka kunci smartphone Anda. Fitur ini memanfaatkan kamera inframerah, flood illuminator dan dot proyektor dengan lebih dari 30.000 titik tak terlihat untuk membangun dan membaca peta wajah Anda. Dan karena fitur Touch ID hilang, Anda tentunya hari smenggunakan Face ID untuk mengautentikasi pembelian menggunakan Apple Wallet.

Muncul berbagai tanggapan mengenai fitur Face ID, dengan fasilitas inframerah memungkinkan perangkat dapat menangkap gambar meskipun dalam kondisi gelap. Hal ini berhubungan dengan masalah privasi.

Modus Portrait dan Portrait Lighting dengan Kamera Depan
Kamera depan pada iPhone X juga dilengkapi dengan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Modus Portrait, yang sebelumnya hanya bisa digunakan dengan kamera belakang iPhone 7 Plus dan 8 Plus. Namun, berkat bantuan sensor tambahan di bagian depan iPhone X, kamera depan TrueDepth yang menghadap ke depan juga bisa mengambil gambar dengan modul Portrait.

Tidak berhenti di situ juga, modus Portrait Lighting yang merupakan fitur baru yang memindai wajah Anda dan menghitung bagaimana fitur wajah Anda berinteraksi dengan berbagai situasi pencahayaan untuk menciptakan efek pencahayaan yang lebih baik. Fitur ini juga bisa digunakan dengan kamera TrueDepth depan.

Fitur kamera ini mengambil mode Portrait ke tingkat berikutnya dengan tidak hanya membedakan latar depan dari latar belakang, tapi juga mensimulasikan berbagai situasi pencahayaan: cahaya alami, studio, contour dan stage light. Stage light, misalnya, membuat wajah Anda tetap terang, dan mengganti latar belakang dengan simulasi hitam tua yang gelap.
Baca juag: Tips Foto Selfie Agar Hasilnya Bagus dan Profesional

Animoji
Fitur-Fitur Canggih Terbaru iPhone X
Fitur Animoji Terbaru iPhone X

Fitur yang mungkin paling menarik, Animoji. Ini adalah fitur khusus untuk iPhone X yang menggunakan kamera TrueDepth untuk membaca dan menganalisis lebih dari 50 gerakan otot wajah yang berbeda untuk mencerminkan gerakan dan penampakan Anda pada 12 Animoji (emoji animasi) yang berbeda. Hal ini mirip dengan filter wajah hewan yang sudah kita gunakan saat ini, tapi bukan hanya melapisi gambar di atas wajah, tapi juga meniru gerakan dan mimik wajah Anda.

Animoji bisa digunakan pada palikasi Messages yang juga akan merekam suara. Hasil videonya akan diputar secara terus-menerus dalam tampilan pesan, dan saat Anda membuka Animoji, rekaman suara akan diputar bersamaan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon