Selasa, 06 Juni 2017

Mengatasi Windows 10 yang Lambat

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Cara mempercepat Windows 10 yang lemot. Bagi pengguna komputer tentu pernah merasa bahwa semakin lama sistem operasi semakin melambat, begitu juga dengan Windows 10. Jika komputer Windows 10 Anda mulai menurun performanya, ada beberapa cara untuk mengatasi dan mempercepat sistem operasi ini agar kembali seperti semula.

Berikut adalah beberapa cara cepat dan mudah untuk mempercepat Windows 10 tanpa mengganti perangkat keras apa pun. Semua dilakukan dari sisi perangkat lunak.
Baca juga: Perawatan Komputer yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan

  • Matikan Transparansi
Tampilan Menu Start baru pada Windows 10 memang tampak cantik dengan gambar transparan, namun transparansi tersebut akan menghabiskan sejumlah sumber daya, termasuk RAM dan baterai. Untuk menghemat sumber daya ini, kita bisa menonaktifkan transparansi di Start menu, taskbar, dan Action Center. Buka menu Settings > Personalization > Colors dan matikan "Make Start, taskbar, and action center transparent".

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan disable transparent

  • Matikan Visual Effects
Selain transparansi, Windows 10 juga memiliki banyak efek visual dengan berbagai animasi ketika menjalankan program. Animasi ini juga lebih banyak menghabiskan RAM. Untuk mematikan visual effects, klik kanan tombol Start dan klik System.
Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan disable visual effects
Klik Advanced system settings untuk membuka menu System Properties. Pada tab Advanced di bawah Performance, klik Settings...


Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan disable visual effects
Akan terbuka menu Performance Options. Di tab Visual Effects, pilih Adjust for best performance untuk mematikan semua animasi dan efek khusus yang tidak perlu, atau pilih Custom dan non aktifkan efek visual yang sekiranya tidak diperlukan. Setelah selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan Anda.

  • Disable Program Startup
Jika komputer atau laptop Anda membutuhkan waktu yang lama untuk boot pertama kali, mungkin ada terlalu banyak program yang dimulai saat Anda pertama kali menyalakan komputer. Untuk mengatasinya, klik kanan pada tombol Start dan klik Task Manager. Klik tab Startup (klik More details jika Anda tidak melihat tab Startup) dan perhatikan dengan teliti daftar program yang ada. Jika Anda melihat program yang tidak perlu, klik kanan dan klik Disable.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan disable startup
Terutama untuk program-program dengan keterangan High Startup impact karena program seperti ini sangat mempengaruhi ketika perangkat pertama kali dinyalakan.
Baca juga: Menambahkan Program Startup di Windows 10

  • Menurunkan Waktu Boot Menu
Saat komputer Anda dinyalakan, boot menu akan ditampilkan dalam jangka waktu tertentu sebelum sistem operasi dimuat, terutama jika Anda memiliki beberapa sistem operasi dalam satu komputer. Hal ini bertujuan memberi Anda waktu untuk masuk ke tool tertentu seperti masuk Windows di Safe Mode. Anda dapat menurunkan beberapa detik dari waktu startup normal yang secara default adalah 30 detik.
Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan mengatur boot menu
Untuk menurunkan boot menu, klik kanan pada tombol Start dan klik Control Panel. Buka System > Advanced system settings, dan di bawah Startup and Recovery, klik Settings.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan mengatur boot menu
Pada bagian Time to display list of operating systems, turunkan nilainya dari 30 detik menjadi misalnya 10 detik dan klik OK.

  • Memperbaiki Masalah dan Error
Windows 10 memiliki fitur untuk memecahkan masalah dan error yang mengganggu performa. Fitur ini bisa membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kecepatan PC Anda. Untuk membuka troubleshooter, klik kanan pada tombol Start dan klik Control Panel. Pilih Security and Maintenance > Troubleshooting. Jika ada masalah atau error akan ditampilkan di sini.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan Troubleshooting

  • Matikan Tips
Bertujuan untuk membantu pengguna, Windows 10 biasanya akan menampilkan tips tentang cara-cara untuk memaksimalkan kinerjanya. Fitur ini memindai komputer berdasarkan kebiasaan Anda ketika bekerja, sebuah proses yang dapat memberikan dampak pada kinerja meskipun mungkin tidak besar. Untuk mematikan fitur ini, masuk ke Start > Settings > System > Notifications & actions dan matikan Get tips, tricks and suggestions as you use Windows.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan disable Tips

  • Jalankan Disk Cleanup
Disk Cleanup adalah tool yang sudah ada sejak versi Windows sebelumnya. Disk Cleanup akan meningkatkan kinerja dengan mengatur ulang dan menghapus file yang tidak digunakan pada ruang hard drive Anda, seperti file temporary, installer dan sampah lainnya yang memenuhi hard drive.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan Disk Cleanup
Untuk menjalankannya, cukup ketik Disk Cleanup pada kotak pencarian, pilih drive dan jalankan dengan klik tombol OK.
Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Windows

  • Menghapus Bloatware
Jika Anda membeli laptop baru, biasanya sudah terinstall dengan beberapa aplikasi yang bisa jadi tidak Anda inginkan atau perlukan, jadi lebih baik jika menghapusnya. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi yang Anda instal sendiri yang kemudian jarang atau tidak pernah Anda gunakan. Aplikasi bloatware juga bisa tanpa sengaja terinstall ketika tanpa kita sadari, terutama saat mengunduh sesuatu dari internet.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan uninstall bloatware
Untuk menghapus program aplikasi yang tidak diperlukan klik kanan menu Start > Control Panel > Program and Features, pilih aplikasi dan klik Uninstall/Change. Atau jika Anda sudah update ke Windows Creator bisa melalui Settings > Apps > Apps and Features.

  • Mengatur Power Plan
Power Plan digunakan untuk mengatur penggunan daya baterai. Namun pastikan Anda tidak menggunakan Power Saver jika Anda tidak memerlukannya. Bahkan komputer desktop kadang-kadang akan menampilkan opsi power-saver, yang sebenarnya tidak berguna kecuali untuk menghemat baterai.

Mengatasi Windows 10 yang Lambat
Mengatasi Windows 10 yang Lambat dengan mengatur Power Plan
Untuk mengaturnya buka Control Panel > Power Options > Power Options untuk melihat power plan yang aktif. Untuk performa yang lebih baik, pastikan Anda menggunakan rencana High Performance atau Balanced (atau pengaturan dari pabrikan PC dengan pengaturan yang sama dengan Balanced).
Baca juga: Mematikan Komputer Otomatis di Windows 10

  • Restart PC
Cara alternatif yang paling mudah untuk setidaknya mengembalikan kondisi maksimal PC adalah dengan me-restart-nya. Restart PC akan membersihkan RAM dan menghentikan proses yang mungkin memakan banyak sumber daya. Selain itu, mematikan komputer tidak sama dengan restart. Shutdown dipengaruhi oleh fitur Fast Startup Windows 10, yang menyimpan sedikit ingatan dan proses PC Anda dalam hiberfile untuk booting yang lebih cepat saat menyalakannya lagi. Restart tidak terpengaruh oleh Fast Startup, jadi jika Fast Startup aktif, restart adalah satu-satunya cara untuk menghapus proses memori dan menghentikan proses sepenuhnya.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon