Senin, 12 Juni 2017

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di MS Word

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di MS Word
Kembali lagi dengan tips dan trik seputar MS Office, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu fitur pada MS Word yang berhubungan dengan tabel. Meksipun bukan aplikasi pengolah lembar sebar seperti MS Excel, pada MS Word juga memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. Kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat judul tabel berulang di MS Word pada halaman berikutnya.


Judul tabel berulang pada MS Word ini maksudnya ketika kita membuat tabel yang melebihi satu halaman maka otomatis header / kepala tabel akan otomatis muncul pada halaman selanjutnya di baris paling atas.
Baca juga: Cara Paling Mudah Membuat Simbol di MS Word

Langsung saja, sebagai contoh kita akan membuat data tabel yang berisi nama-nama siswa. Bagian tabel paling atas adalah header atau kepala tabel. Kita ingin agar secara otomatis judul tabel ini muncul jika data melebihi satu halaman.

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di MS Word
Contoh tabel

Maka blok atau taruh kursor pada baris pertama tabel (yang berisi Kolom No, No Induk, Nama, dst).

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di MS Word
Menu Layout > Repeat Header Row

Klik menu Layout > Repeat Header Rows. Maka secara otomatis kepala tabel ini akan muncul pada halaman kedua. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di MS Word
Hasil judul atau header otomatis berulang di MS Word

Secara otomatis judul tabel akan muncul hingga berapapun halaman yang memuat tabel tersebut.

Pada contoh saya mengaktifkan header hanya untuk satu baris, Anda juga bisa secara otomatis memunculkan header lebih dari satu, dengan cara blok sejumlah baris yang ingin dimunculkan secara otomatis pada halaman selanjutnya. Langkah berikutnya sama seperti di atas.
Semoga bermanfaat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon