Inilah Fungsi Utama Airplane Mode pada Smartphone

Inilah Fungsi Utama Airplane Mode pada Smartphone
Airplane mode atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan mode pesawat terbang. Meskipun demikian bukan berarti ketika mengaktifkannya akan mengubah smartphone jadi bisa terbang. Istilah ini diambil karena awalnya berhubungan dengan larangan penggunaan smartphone ketika menaiki pesawat terbang. Namun saat ini penggunaan Airplane mode sudah menyebar di berbagai tempat. Jadi, apa fungsi utama airplane mode pada smartphone kita?

Banyak orang bertanya-tanya mengapa tidak diperbolehkan untuk menggunakan smartphone ketika di pesawat terbang, tempat pengisian bahan bakar atau rumah sakit? Ketika smartphone aktif akan menghasilkan interferensi elektromagnetik secara konstan. Sebagai contoh jika Anda meletakkan ponsel di dekat komputer atau laptop yang dilengkapi dengan speaker, Anda dapat mendengar suara statis yang cukup keras di komputer setiap kali ada koneksi dengan BTS. Sebaliknya, pemutar musik di mobil bisa juga menghasilkan suara statis setiap kali Anda menelepon di dekatnya. Contoh lain ada perangkat motor yang menyebabkan terganggunya sinyal radio atau TV. Ada kalanya kita mendengar komunikasi melalui radio FM yang bukan ditujukan kepada kita, tapi entah bagaimana sinyalnya bisa masuk ke perangkat kita.

Secara teknis masalah di atas seharusnya terjadi. Misalnya, radio di mobil mentransmisikan pada pita radio yang berbeda, jadi radio kita seharusnya tidak pernah mendengar sinyal tersebut. Namun, semua pemancar memiliki beberapa kecenderungan untuk mentransmisikan pada daya rendah pada pita sisi harmonis, dan inilah sebabnya sinyal radio bisa saling bertumbukan. Hal yang juga berlaku untuk sinyal smartphone kita. Dalam kasus ponsel yang mempengaruhi speaker komputer, kabel ke masing-masing speaker bertindak seperti antena, dan mengambil pita radio sisi di kisaran yang dapat didengar.

Masalah di atas sering terjadi dan mungkin tidak menimbulkan dampak yang berbahaya. Tapi, di pesawat terbang, fenomena yang sama bisa menimbulkan masalah besar hingga kecelakaan.

Inilah Fungsi Utama Airplane Mode pada Smartphone
Mengaktifkan Airplane mode pada smartphone

Sebuah pesawat memiliki sejumlah radio untuk menangani tugas-tugas tertentu. Ada radio yang digunakan pilot untuk berbicara dengan kontrol darat dan kontrol lalu lintas udara. Ada lagi radio yang digunakan pesawat untuk mentransmisikan posisinya pada komputer kontrol lalu lintas udara. Ada unit radar yang digunakan untuk panduan dan deteksi cuaca, dan sebagainya. Semua radio ini mentransmisikan dan menerima informasi pada frekuensi tertentu. Jika seseorang di dalam pesawat mengaktifkan ponsel, ponsel bisa mengganggunya dengan kekuatan yang besar (sampai 3 watt). Jika kebetulan menciptakan gangguan yang tumpang tindih dengan frekuensi radio yang digunakan pesawat, pesan antara orang atau komputer dalam sistem pesawat bisa kacau. Salah satu kabel di pesawat  bisa berfungsi mirip antenna yang menangkap sinyal telepon seperti yang dilakukan speaker komputer pada contoh di atas. Hal lini bisa membuat kesalahan pesan antara beberapa peralatan di dalam pesawat.

Selain itu, banyak rumah sakit memasang jaringan wireless untuk jaringan peralatan. Misalnya melihat gambaran monitor jantung di ruang darurat. Antena yang ada di bagian atas monitor menghubungkannya ke stasiun perawat melalui jaringan wireless. Jika Anda menggunakan ponsel di dekatnya dan menciptakan gangguan, hal itu dapat mengganggu transmisi di antara beberapa peralatan yang berbeda. Gangguan ini akan terjadi meskipun Anda hanya menghidupkan ponsel, karena ponsel dan menara operator seluler melakukan koneksi setiap beberapa waktu secara rutin, dan ponsel Anda mengirimkan data setiap proses ini.
Baca juga: Trik Meningkatkan Keamanan Jaringan Wi-Fi

Larangan penggunaan laptop dan pemutar CD saat lepas landas dan mendarat juga mencakup masalah yang sama, namun di sini mungkin termasuk dalam kategori pencegahan. Laptop yang dilengkapi dengan sistem yang buruk bisa mentransmisikan energi radio yang cukup banyak pada frekuensi operasinya, dan ini secara teoritis bisa menimbulkan masalah.

Di tempat pengisian bahan bakar atau POM juga dilarang mengoperasikan smartphone. Sinyal dari smartphone bisa memicu kebakaran karena uap dari bahan bakar bisa saja tanpa sengaja terpicu. Jika kita lihat di berita sudah banyak kasus kecelakaan di POM yang disebabkan karena kelalaian penggunaan smartphone ketika mengisi bahan bakar.

Meskipun tampak sepele, airplane mode pada smartphone kita memiliki fungsi untuk perlindungan dan mencegah kecelakaan. Masyarakat Indonesia masih memiliki kesadaran yang rendah terhadap keselamatan umum. Mereka belum mengetahui dampak yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan yang buruk. Oleh karena itu, patuhi semua peraturan di tempat-tempat tertentu untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain.
Inilah Fungsi Utama Airplane Mode pada Smartphone 4.5/ 5stars Posted by: Ari K
Catatan Bro Ari http://www.broari.com/2017/05/inilah-fungsi-utama-airplane-mode-pada.html#comment-form

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.