Senin, 24 April 2017

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Tersembunyi YouTube

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Tersembunyi YouTube
Tahukah Anda bahwa YouTube memiliki fitur tersembunyi Dark Mode? Menonton video di YouTube memang sangat mengasyikkan, bisa membuat kita lupa waktu. Terutama di malam hari, tanpa sadar sudah tidak malam lagi tapi sudah masuk waktu pagi. Di malam hari sebagian besar kita mematikan lampu, ditambah lagi tampilan halaman web YouTube yang putih cerah bisa membuat mata kita lelah. Namun, kita bisa mengaktifkan fitur baru YouTube Dark Mode (mode gelap) sehingga mata kita tidak lelah menatap layar yang terlalu terang.

Baca juga: Tips Menonton Video di YouTube
YouTube memiliki fitur Dark Mode yang saat ini masih tersembunyi, membuat tampilan situs ini terasa seperti nonton di bioskop. Saat ini, fitur ini hanya tersedia pada browser Google Chrome dan mengharuskan Anda terjun ke dalam deretan coding melalui Developer Tools pada Chrome. Tapi jangan khawatir karena secara teknis tidaklah sulit, kita hanya perlu menyisipkan sederet kode dan refresh halaman YouTube. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur baru Dark Mode di YouTube:

  • Pastikan Anda menggunakan Chrome versi terbaru (minimal versi 57 atau yang lebih baru). Versi Chrome yang Anda gunakan bisa dilihat melalui Menu > Help > About Google Chrome.
  • Buka browser Google Chrome, akses halaman YouTube dan masuk ke akun Anda.
  • Buka panel Developer Tools dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I pada Windows, atau melalui tombol Menu > More Tools > Developer Tools.
  • Akan muncul panel yang terbuka di sisi kanan atau bawah jendela Chrome Anda, pilih tab Console.
Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Tersembunyi YouTube
Tampilan tab Console untuk mengaktifkan Dark Mode YouTube


  • Kemudian copy dan paste baris kode ini lalu tekan Enter:
document.cookie="VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE"
  • Tutup panel Developer Tools dan refresh YouTube.
  • Klik ikon profil Anda di kanan atas dan Anda akan melihat daftar menu yang lebih banyak dari biasanya, salah satunya adalah pilihan untuk mengaktifkan Dark Mode. Klik Dark Mode dan aktifkan tombol toggle pada Activate Dark Mode.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Tersembunyi YouTube
Aktifkan toggle untuk mengubah tampilan YouTube menjadi Dark Mode

Sayangnya, saat ini kita harus mengaktifkan lagi langkah-langkah di atas setiap kali kita me-restart browser Chrome. Mungkin dalam waktu dekat Google akan merilis fitur Dark Mode pada YouTube ini secara resmi, sehingga menghemat waktu untuk copy-paste kode di atas ketika menonton YouTube di malam hari sehingga lebih nyaman di mata kita.
Baca juga: Membuat Video Sederhana Menggunakan Power Point

Meskipun fitur ini belum dirilis secara resmi, namun ini adalah bagian dari sejumlah perubahan yang sedang diuji oleh YouTube untuk desain situs web yang lebih nyaman bagi penonton. Dengan demikian dampak terhadap mata kita juga tidak terlalu signifikan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon