Kamis, 16 Februari 2017

Cara Termudah Mengirim Kontak HP Lewat Bluetooth

Cara Termudah Mengirim Kontak HP Lewat Bluetooth
Cara transfer kontak smartphone melalui bluetooth - Apakah Anda baru saja membeli ponsel baru? Hal pertama yang pasti ingin Anda lakukan adalah memindahkan semua kontak, nomor telepon dan informasi kontak lainnya dari smartphone lama ke smartphone yang baru. Memang ada banyak cara memindahkan kontak dari satu HP ke HP lain, namun cara yang dianggap paling mudah adalah dengan mengirimkan kontak lewat bluetooth.


Proses memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru memang sangat bervariasi tergantung pada jenis hardware dan sistem operasi. Salah satu sistem yang sudah dipakai banyak orang adalah Android, oleh karena itu kita persempit pembahasan hanya pada sistem operasi Android.
Baca juga : Membersihkan File Sampah Android

Perlu diperhatikan bahwa tampilan dan antarmuka sistem operasi Android cukup bervariasi tergantung merek handphone, tergantung model atau versi, tapi kira-kira semua memiliki kesamaan. Berikut cara paling mudah mengirim kontak dari HP lama ke HP yang baru melalui bluetooth:
  • Buka menu Contacts atau Phone pada ponsel Anda
  • Cari menu settings atau pengaturan kontak, namanya berbeda-beda tergantung HP
  • Pilih menu Import/Eksport kontak yang berada di bawah pengaturan kontak
Cara Termudah Mengirim Kontak HP Lewat Bluetooth
Tampilan menu Export contacts ke Storage

  • Tekan pilihan Eksport. Biasanya ada beberapa pilihan kemana kita akan menyimpan hasilnya, agar aman pilih penyimpanan internal, biasanya dituliskan Storage. Jika kita mengeksport ke SIM card akan ada resiko kapasitas tidak mencukupi jika kontak terlalu banyak.
Cara Termudah Mengirim Kontak HP Lewat Bluetooth
Tampilan Export contacts
  • Kontak akan disimpan sebagai file vCard, dengan nama file yang berbeda-beda tergantung perangkat tapi semua memiliki kesamaan yaitu memiliki ekstensi .vcf yang menandakan file tersebut adalah file vCard. Lokasi file hasil eksport akan ditunjukkan dan klik OK
  • Buka File Manager atau aplikasi sejenis untuk membuka lokasi hasil eksport kontak. Anda dapat mengirim file tersebut ke HP baru melalui bluetooth. Buka file tersebut di HP baru dan akan muncul pilihan untuk Import kontak. Tunggu proses import selesai dan cek menu kontak di HP baru, semua kontak yang ada di HP lama akan tersimpan di HP baru.

Cara Termudah Mengirim Kontak HP Lewat Bluetooth
Tampilan Import vCard di HP baru

Cara lain backup kontak adalah dengan meng-upload ke Google Contacts yang merupakan bagian dari sistem operasi Android. Hanya saja kita perlu koneksi internet untuk upload. Login dengan akun Google dan buka contacts.google.com, pilih Import Contacts. Pilih file dan cari ke lokasi vCard disimpan. Klik Import. Kontak akan disimpan di akun Google Anda dan dapat di-download.
Baca juga : Mempercepat Android yang Lemot

Dari penjelasan di atas, cara termudah untuk memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru adalah melalui bluetooth. Kita tidak memerlukan koneksi internet atau paket data. Demikian tutorial sederhana mengirim kontak antar HP melalui bluetooth, semoga bermanfaat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon