Jumat, 13 Januari 2017

Trik Membuat Password yang Susah Ditebak

Trik Membuat Password yang Susah Ditebak
Password atau kata sandi yang aman adalah yang tidak mudah ditebak. Dengan meningkatnya cybercrime di Indonesia menuntut kita harus lebih hati-hati melakukan aktivitas, baik online maupun offline. Pastikan Anda menggunakan password yang kuat tapi tetap bisa kita ingat dengan baik. Berikut adalah cara dan trik untuk membuat password yang susah ditebak.

Dengan semakin banyaknya layanan online yang kita gunakan, menggunakan password manager cukup membantu, karena dapat membuat password yang kuat dan mengingatnya untuk Anda. Namun, meskipun demikian, kita setidaknya harus membuat dan ingat password utama untuk mengelola aplikasi password manager tersebut.

Tanpa kita sadari kita memiliki akun di banyak website. Sebagai langkah keamanan setiap akun harus memiliki password yang berbeda-beda. Password yang sama dan digunakan di beberapa akun sekaligus sangat rentan terhadap pembobolan password. Jika seseorang kebetulan tahu password Anda, dan Anda menggunakannya di banyak akun maka resikonya lebih tinggi.

Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat dan Sulit Ditebak
Berikut ini adalah tips umum yang disarankan ketika kita membuat password, antara lain:
  • Minimal terdiri atas 12 karakter
Anda harus membuat password yang cukup panjang. Memang tidak ada standar minimal panjang password, tapi paling tidak untuk mendapatkan password yang aman minimal harus terdiri atas 12-14 karakter. Semakin panjang password semakin baik, tapi pastikan juga kita bisa mengingatnya.
  • Kombinasi angka, simbol, huruf kapital atau kecil
Menggunakan campuran dari karakter atau simbol untuk membuat sandi lebih sulit ditebak. Selain itu gunakan juga angka dan kombinasi huruf besar/kecil.
  • Tidak ada dalam kamus
Hindari menggunakan kata-kata umum atau kombinasi kata-kata yang ada dalam kamus
Setiap kata dalam kamus bisa saja termasuk dalam database cracker password. Kombinasi dari beberapa kata, terutama kata sehari-hari adalah password yang buruk. Misalnya, "cinta" adalah contoh password yang buruk, "jatuh cinta" juga sama buruknya.
  • Tidak bergantung pada karakter pengganti yang jelas
Jangan gunakan substitusi atau pengganti yang umum, misalnya, password "k0Mput3r" tidaklah cukup kuat hanya karena penggantian karakter o dengan 0, e dengan 3 karena secara umum masih jelas dan bisa ditebak.

Anda bisa menggabungkan cara di atas, misalnya, "BuahApel&456" sudah memenuhi syarat di atas. Terdiri dari 12 karakter dan mengandung huruf besar, huruf kecil, simbol dan beberapa angka. Tapi masih cukup jelas yaitu sebuah kalimat yang ada dalam kamus yang mana setiap kata dikapitalisasi dengan benar. Ada hanya satu simbol, semua karakter angka ada pada bagian akhir dan berada dalam urutan yang mudah ditebak.

Trik Membuat Password yang Susah Ditebak
Infografik kesalahan pengguna dalam membuat password (scorpionsoft.com)


Tips Membuat Password yang Mudah Diingat
Dengan tips di atas, kita bisa dengan mudah untuk membuat password. Hanya dengan menekan tombol-tombol keyboard secara acak dan Anda sudah mendapatkan password yang kuat seperti g&63ji+gY(8lpE4&X. Jika dilihat tampak seperti password yang sangat bagus, terdiri dari 17 karakter, meliputi perpaduan berbagai jenis karakter dan simbol, dan sulit ditebak karena serangkaian karakter acak, bukan kata yang umum.

Satu-satunya masalah di sini adalah menghafal password ini. Dengan asumsi kita memiliki memori standar, kita harus menghabiskan waktu dan kerja keras menghafalkan karakter-karakter ini ke otak kita. Contoh di atas mirip dengan hasil dari password generator yang dapat secara random menghasilkan password untuk Anda, umumnya digunakan sebagai bagian dari password manager yang juga akan mengingatnya untuk Anda.

Kita perlu membuat password kuat namun mudah kita ingat. Kita tidak ingin menggunakan kata yang umum dalam kamus, jadi pertimbangkan menggunakan semacam trik untuk menghafal.

Sebagai contoh, mungkin Anda dapat dengan mudah mengingat kalimat seperti "Saya karyawan di Bank Asri sebagai administrator jaringan internet. Gaji saya Rp 5 juta/bulan" Anda kemudian dapat mengubahnya menjadi password dengan menggunakan karakter pertama dari setiap kata, sehingga password ANda akan menjadi SkdBAsaji.GsRp5j/b. Ini adalah password yang cukup kuat dan susah ditebak, terdiri dari 18 digit. Kata sandi tersebut sudah acak, termasuk beberapa angka dan simbol, dan huruf besar dan kecil, tapi kita bisa tetap mengingatnya dengan mengingat dua kalimat sederhana yang lebih mudah untuk dipahami.

Membuat Password yang Aman dengan Frase
Teknik di atas bukanlah satu-satunya cara membuat password yang tidak mudah ditebak. Kita bisa menggunakan kombinasi frase yang melibatkan beberapa kata. Kata acak dan panjang serta di luar konsep akan membuatnya menjadi kata sandi yang kuat.

Hal yang paling penting untuk diingat di sini adalah bahwa kata-kata harus acak. Misalnya, "kuda tidur dalam kulkas" atau "kamar tidur ungu cantik" masih tidak cukup kuat karena merupakan ungkapan umum dan kata yang logis. Namun, kombinasi seperti "kuda terkikis pelanggan matahari" atau "keriput pandangan mozaik sehat" adalah kombinasi kata-kata acak. Kata-kata tersebut tidak masuk akal dan tidak dalam urutan tata bahasa yang benar. Dengan demikian akan menghasilkan password yang jauh lebih mudah untuk diingat.

Gunakan kata-kata yang tidak lazim atau jarang digunakan secara umum. Kombinasikan dengan urutan tertentu sehingga kita masih mudah mengingatnya.

Cara membuat password yang baik di atas tidak menentukan keamanan kata sandi itu sendiri. Misalnya, jika Anda menggunakan password yang sama di beberapa akun, meksipun kuat tapi jika kemungkinan bocor bisa membuat orang lain menggunakannya untuk mengakses akun lainnya.

Menggunakan kata sandi yang unik, menghindari situs phishing dan menjaga komputer Anda aman dari virus dan malware yang menangkap password juga penting. Kita harus memilih password yang kuat, tetapi kita juga perlu untuk melakukan lebih dari itu. Menggunakan sandi yang kuat tidak akan membuat Anda aman dari semua ancaman di luar sana, tetapi itu adalah langkah pertama yang baik untuk melindungi aktivitas online kita.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon