Rabu, 24 Agustus 2016

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Beberapa waktu yang lalu Windows 10 telah memperbarui sistemnya dengan update resmi Anniversary karena memang usia OS ini sudah satu tahun. Semua pengguna Windows 10 mendapatkannya. Ada beberapa fitur tambahan dan juga perubahan fitur yang sudah ada.

Windows 10 Anniversary Update akan memperbarui sistem ke versi 1607, informasi ini dapat Anda lihat pada menu Settings > System > About. Update Windows 10 terbaru ini tersedia gratis untuk semua pengguna Windows 10 yang mencakup semua fitur mulai dari tampilan visual dan peningkatan keamanan dan fitur yang benar-benar baru seperti Windows Ink.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Versi Update Windows 10 Anniversary
Tapi entah mengapa tidak semua OS Windows 10 bisa mendapatkan update. Saya bisa update di laptop dengan sistem operasi Windows 10 Home, tapi gagal saat di PC Windows 10 Professional. Padahal saya sudah coba force update menggunakan Media Creation Tool dari Microsoft.
UPDATE: Setelah mencari informasi, ternyata PC Windows yang saya update memang tidak support Windows Anniversary Update, yaitu Acer Aspire M3970. PC model ini tidak masuk daftar yang support update di situs resmi Acer. Mungkin butuh usaha ekstra untuk memaksa PC seri ini agar bisa di-update.
UPDATE 2: Pada 26/09/2016 PC Windows Acer Aspire M3970 yang saya gunakan otomatis melakukan update ke versi 1607. Hal ini mungkin Anniversary Update berjalan berdasarkan jenis lisensi OS Windows. Pada laptop sebelumnya lisensinya berupa Digital Entitlement yang tertanam di dalam mesin, sedangkan pada PC menggunakan Serial Number yang ada pada Windows 7 sebelum upgrade ke Windows 10.
Anniversary Update pada PC Acer Aspire M3970


Berikut adalah beberapa perubahan dari fitur mulai dari yang kecil hingga yang besar, bahkan Anda juga bisa melihat perubahan dari tampilannya.
Baca juga: Cara Sharing Printer di Windows 10

START MENU


Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Start Menu Baru di Windows 10 Anniversary Update
Hal pertama yang akan Anda lihat pada update Windows kali ini adalah perbedaan yang cukup signifikan pada Start Menu. Tidak ada lagi menu "All Apps". Semua aplikasi yang terinstall akan muncul pada daftar di sisi kiri dari menu Start. Di sebelah kiri daftar aplikasi ini, Anda akan melihat ikon untuk menampilkan informasi akun, Download, File Explorer, Settings dan Power. Di sebelah kanan masih tetap ada tampilan ikon metro khas Windows 10.

TASKBAR
Taskbar pada Windows 10 mengalami beberapa update termasuk menu klik kanan dengan tampilan yang lebih menarik dan dapat diatur melalui menu Settings > Personalization > Taskbar.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Taskbar dan Kalender Baru di Windows 10 Anniversary Update

Penunjuk jam dan kalender pada taskbar sekarang menjadi satu. Jika Anda meng-klik jam dan Anda akan melihat waktu saat ini dan daftar event. Selain itu jika Anda telah membuat lebih dari satu display, jam bisa muncul pada semua display.

EKSTENSI BARU MICROSOFT EDGE
Akhirnya browser terbaru dari Microsoft, yaitu Edge memiliki fitur ekstensi. Saat pertama kali peluncurannya, Edge memang tidak dilengkapi dengan add-on atau ekstensi seperti kebanyakan browser modern lainnya seeprti Chrome dan Firefox karena risiko keamanan.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Baru Ekstension Edge di Windows 10 Anniversary Update
Beberapa ekstensi yang bisa didukung oleh browser Edge misalnya AdBlock, LastPass dan Save to Pocket, dan akan terus dikembangkan untuk masa yang akan datang. Ekstensi bisa didapatkan melalui Windows Store.

Ekstensi bukan satu-satunya fitur baru Edge, browser ini juga mengalami banyak peningkatan yang akan akan membuatnya lebih user-friendly. Beberapa update dan peningkatan pada browser Edge antara lain:
  • Fitur untuk pin tab di browser
  • Fitur paste-and-go pada address bar
  • Menu History yang dapat diakses dengan mengklik kanan tombol Back atau Forward
  • Fitur drag-and-drop folder ke layanan penyimpanan cloud
  • Peningkatan organisasi Bookmarks dan Favorites
  • Peringatan proses download yang belum selesai saat Anda menutup browser
  • Notifikasi web dari situs-situs yang diakses di Action Center
  • Navigasi Swipe
  • Click-to-Play pada video berbasis Flash sehingga video tidak akan diputar secara otomatis

WINDOWS INK
Windows 10 adalah sistem operasi yang dirancang agar bekerja maksimal dengan touchscreen atau pen stylus, hal ini juga semakin diperkuat dengan fitur terbaru Windows Ink, yang memungkinkan Anda menggunakan stylus aktif pada seluruh lingkungan sistem operasi Windows 10. Windows Ink dilengkapi dengan ruang kerja tersendiri, yang dapat Anda akses melalui ikon di system tray.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Windows Ink Baru di Windows 10 Anniversary Update
Ada juga beberapa aplikasi baru, termasuk aplikasi Screen Sketch yang memungkinkan Anda dapat mencoret-coret screenshot dengan cara yang mirip dengan fitur ink pada browser Microsoft Edge. Windows Ink juga akan diintegrasikan ke dalam aplikasi yang ada.

Pengguna pen stylus juga dapat menyesuaikan tombol pena melalui pengaturan dari menu Settings > Devices.

CORTANA
Cortana kini juga aktif pada lock screen, yaitu tampilan yang pertama kali kita lihat saat memasuki sistem operasi Windows. Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat mengakses Cortana dengan mengatakan "Hello, Cortana" atau dengan menekan ikon Cortana pada lock screen. Asisten digital dari Microsoft ini mampu melakukan berbagai tugas dari lock screen seperti mencari arah, menjadwalkan event atau membuat pengingat.

Selain itu, lock screen Windows 10 juga mengalami perbaikan tambahan, termasuk kemampuan untuk menyembunyikan alamat email saat Anda login dengan akun Microsoft. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui menu Settings > Account > Sign-in Options, kemudian pilih bagian Privacy.

WINDOWS HELLO
Windows Hello sebelumnya memungkinkan Anda dapat login ke perangkat menggunakan pengenalan wajah (facial recognition), sidik jari (fingerprint) atau scan mata (iris). Pada Update Anniversary ini, Windows Hello akan tersedia pada website-website tertentu yang sudah didukung selama Anda browsing menggunakan Edge, yang menjadikannya browser pertama yang memiliki fitur dukungan biometrik. Hal ini juga dapat digunakan pada aplikasi Windows. Pada dasarnya, dalam waktu dekat Anda akan dapat login ke website tertentu dengan wajah Anda.

Windows Hello juga akan memungkinkan Anda login ke PC menggunakan "companion device" seperti USB disk atau smartphone.

XBOX
Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Xbox Baru di Windows 10 Anniversary Update

Xbox Play Anywhere akan memfasilitasi game universal ke dalam Xbox dan perangkat Windows 10. Xbox Play Anywhere terbatas pada game yang akan datang, namun game yang dibeli di Xbox dapat dimainkan pada Windows 10 PC dan sebaliknya. Anda juga dapat berpindah antar perangkat dengan sangat mudah. Anda bisa memulai bermain game di Xbox One dan memainkannya nanti di PC Anda.

WINDOWS DEFENDER
Peningkatan fitur juga dialami oleh bagian keamanan Windows 10, yaitu Windows Defender. Jika Anda menginstal sebuah program antivirus lain pada sistem operasi Windows 10, Windows Defender secara otomatis akan dinonaktifkan. Namun dengan adanya fitur baru yang disebut "Limited Periodic Scanning", Windows Defender sekarang dapat bertindak sebagai pendukung untuk program antivirus yang Anda install. Ketika Limited Periodic Scanning diaktifkan, Windows Defender akan melakukan scan PC secara berkala dan menampilkan ringkasan saat proses selesai tanpa mengganggu program antivirus lain yang ada.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Windows Defender Baru di Windows 10 Anniversary Update
Untuk pengguna enterprise, Update kali ini memberikan fitur tambahan yaitu "Windows Defender Advanced Threat Protection", yang mampu menghentikan serangan berbahaya pada jaringan dan Windows Information Protection, yang memang dirancang untuk membantu melindungi data perusahaan.

PERBAIKAN ACTION CENTER


Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Action Center Baru di Windows 10 Anniversary Update
Tidak semua notifikasi ditangani dengan cara yang sama, dan Action Center Windows 10 mampu mengenali tiap-tiap jenis notifikasi. Notifikasi dikelompokkan berdasarkan aplikasi, bukan berdasarkan waktu, dan dapat dengan mudah dilewatkan. Anda juga dapat mengatur tingkat prioritas untuk setiap masing-masing aplikasi dalam menu Settings > System > Notifications & Actions.

NOTIFIKASI ANDROID PADA ACTION CENTER
Aplikasi Cortana untuk Android akan mampu menghubungkan perangkat Android Anda dengan PC Windows 10 untuk notifikasi yang saling terhubung. Setelah terhubung, Cortana dapat menampilkan notifikasi Android pada perangkat Windows 10 Action Center, menemukan smartphone dengan membunyikannya dari PC. Anda juga akan dapat menerima pesan teks dari ponsel melalui PC.

DARK THEME
Seperti kita ketahui sebelumnya, tampilan Windows 10 hampir semua berwarna putih terang. Tapi dengan adanya update ini, Anda dapat memilih untuk mengganti tema gelap untuk aplikasi standar Windows seperti menu Settings, Maps, Kalkulator, dll seperti yang dapat Anda lihat pada sebagian besar screenshot dalam posting ini. Pada menu Settings > Personalization, kini Anda dapat memilih salah satu dari dua mode Light dan Dark.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Dark Theme Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur ini sebenarnya sudah dapat diaktifkan pada Windows 10 sebelumnya, namun masih tahap perbaikan dan dapat diaktifkan dengan sedikit utak-atik Registry.

VIRTUAL DESKTOP
Virtual desktop adalah fitur baru pada awal peluncuran Windows 10. Pada update kali ini kita dapat membuka aplikasi atau jendela program pada semua desktop, sehingga memungkinkan kita menggunakan jendela atau program tersebut di semua desktop. Untuk melakukannya, cukup buka Task View, klik kanan pada salah satu jendela/program kemudian pilih "Show this window on all desktops" atau "Show windows from this app on all desktops".

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Baru Virtual Desktop di Windows 10 Anniversary Update

EMOJI BARU
Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Emoji Baru di Windows 10 Anniversary Update
Emoji baru pada Windows 10 saat ini menjadi lebih detail dan ekspresif. Tampilan emoji baru yang lebih besar, penuh warna-warni cerah, garis outline tebal dan enam pilihan warna kulit yang berbeda. Untuk menemukan emoji baru pada Windows 10 PC, Anda harus mengaktifkan keyboard touchscreen dengna memilih ikon keyboard di system tray.

ACTIVE HOURS
Fitur baru lain pada Windows 10 kali ini adalah Active Hours, yang dapat diatur sesuai dengan waktu-waktu tertentu Anda biasanya aktif di komputer Anda. Windows tidak me-restart komputer Anda setelah menginstal update pada jam tersebut. Anda akan mengatur Active Hours pada menu Settings > Update & Security > Windows Update > Change Active Hours. Anda hanya bisa menetapkan hingga 12 jam dengan status aktif.

Fitur Baru di Windows 10 Anniversary Update
Fitur Baru Active Hours di Windows 10 Anniversary Update
Jika Anda kebetulan menggunakan PC Anda selama jam non-aktif, Windows akan menampilkan peringatan dan memberikan pilihan.

Dari semua fitur baru pada Windows 10 Anniversary Update ini, memang banyak fitur baru dan peningkatan fitur lama. Semua ini bertujuan untuk memudahkan pengguna ketika mengerjakan tugas dalam lingkungan sistem operasi Windows 10.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon