Sabtu, 06 Agustus 2016

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Komputer

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Komputer
Layar komputer adalah penyebab utama munculnya gangguan penglihatan. Tanpa kita sadari hampir semua jenis pekerjaan memanfaatkan komputer. Dengan tingginya interaksi kita dengan layar komputer, kelelahan mata telah menjadi keluhan umum di masyarakat. Mata lelah dan gangguan gejala visual terjadi pada 50-90 persen orang yang menggunakan komputer. Gangguan penglihatan bisa menyerang siapa saja, sehingga kita perlu melakukan pencegahan atau pengobatan untuk mengatasi mata lelah karena komputer.

Berbagai masalah penglihatan mencakup kelelahan fisik, gangguan kecil seperti mata sering berkedut dan berwarna merah, penurunan produktivitas dan peningkatan kesalahan kerja yang membutuhkan ketelitian.

Gangguan penglihatan ringan dapat menjadi efek samping yang tidak nyaman ketika melakukan aktivitas. Gejala karena terlalu lama di depan layar komputer antara lain:
  • Ketegangan mata
  • Mata merah
  • Iritasi atau mata kering
  • Mata terasa perih
  • Penglihatan ganda atau kabur
  • Sakit kepala, leher atau bahu
Jika Anda menghabiskan waktu di depan komputer lebih dari dua jam sehari, maka Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan mata Anda. Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat mata jika Anda rutin setiap hari menghabiskan waktu di depan layar komputer untuk membantu meringankan gejala-gejala yang mengganggu:

  • Istirahatkan Mata Anda
Gunakan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit di depan layar komputer, istirahatlah selama 20 detik dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki (sekitar 65 meter).
Latihan lain adalah dengan melihat benda yang jauh selama 10-15 detik, kemudian menatap benda yang dekat selama 10-15 detik. Kemudian melihat kembali pada benda yang jauh. Lakukan ini sekitar 10 kali. Latihan ini mengurangi risiko kemampuan fokus mata Anda untuk melihat benda pada jarak tertentu setelah bekerja terllau lama di depan komputer.
Kedua latihan di atas akan mengurangi risiko ketegangan mata.

  • Jangan Lupa Berkedip
Biasanya saat berkonsentrasi mengerjakan sesuatu kita akan melotot terlalu lama. Jangan lupa untuk berkedip secara berkala agar tetap lembab. Menatap layar komputer dapat membuat mata semakin kering dan menyebabkan kemerahan serta iritasi.

  • Gunakan Kacamata Khusus Komputer
Jika Anda merasa ada yang tidak nyaman saat melihat layar komputer, pertimbangkan untuk memakai kacamata yang dirancang khusus untuk komputer. Kacamatan ini biasa diberikan sesuai resep dari dokter atau ahli mata. Kacamata ini memungkinkan Anda untuk membantu fokus mata Anda pada jarak dari layar komputer. Kacamata komputer mengoptimalkan penglihatan Anda ketika Anda sedang melihat layar digital dan membantu mengurangi cahaya silau.

  • Atur Tingkat Kecerahan Layar
Jangan menggunakan komputer dengan tampilan yang terlalu redup, atur layar agak terang untuk mengurangi tingkat flicker komputer (kerlap-kerlip layar dengan kecepatan tertentu) sehingga tidak menimbulkan kelelahan pada mata. Flicker dapat menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala. Selain itu, monitor yang terang akan membuat pupil mata Anda mengerut, yang menghasilkan rentang fokus yang lebih besar. Hal ini mengurangi usaha mata Anda untuk mengakomodasi dan memungkinkan Anda untuk bekerja lebih lama dan lebih nyaman.
Cara paling mudah menentukan kecerahan layar adalah dengan menyesuaikannya dengan ruangan, sehingga mata tidak perlu berusaha terlalu berat saat kita melihat sekitar setelah menatap layar.

  • Gunakan Pencahayaan Ruangan yang Tepat
Gunakan lampu ruangan yang tepat serta menghindari lampu dengan intensitas tinggi, yang menimbulkan bayang-bayang silau. Tempatkan cahaya redup di kedua sisi layar untuk membuat kecerahan yang sama tanpa adanya kontras yang besar antara area terang dan gelap.

  • Posisi Monitor
Posisi monitor komputer yang kurang tepat dapat menambah kelelahan mata Anda. Sangat penting menempatkan layar pada jarak yang tepat dari mata Anda. Secara optimal, layar komputer Anda harus 15-20 derajat di bawah tingkat mata yang diukur dari pusat layar dan 50-70 cm dari mata.

  • Atur Resolusi Layar Komputer
Pastikan layar monitor memiliki resolusi maksimal. Resolusi yang lebih tinggi menghasilkan tampilan dan gambar yang lebih serta proporsional, mengurangi ketegangan mata. Resolusi monitor yang tidak tepat biasanya ditandai dengan tampilan yang tidak jelas dan gambar yang tidak proprsional (memanjang secara vertikal/horisontal).
Baca juga: Memperjelas Tulisan Laptop dengan ClearType

  • Meminimalkan Silau
Bersihkan monitor secara rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang dapat mengganggu tampilan. Jika perlu Anda bisa mempertimbangkan memasang layar anti-silau. Hal ini juga membantu untuk menjaga pantulan cahaya dari arah berlawanan.

  • Pijat Area Sekitar Mata
Memijat area di sekitar mata akan membantu mengendurkan otot-otot dan bisa mengurangi ketegangan. Gosok kedua tangan Anda hingga terasa hangat, kemudian dengan lembut tempelkan telapak tangan Anda di atas mata tertutup untuk mengistirahatkan mata.

  • Konsumsi Vitamin dan Suplemen
Mengkonsumsi vitamin dan suplemen dalam jumlah yang tepat juga cukup membantu kesehatan mata secara keseluruhan. Pilihlah vitamin yang mengandung antioksidan dan bahan-bahan yang membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi kelelahan mata, seperti vitamin A, C, E dengan B kompleks serta zat besi.

  • Periksakan Mata Secara Rutin
Penderita gangguan mata baik minus, plus atau silindris biasanya memerlukan bantuan kacamata atau lensa kontak untuk melihat dengan jelas, jadi pastikan resep Anda benar. Kondisi mata akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, kita perlu memeriksakan mata kita secara rutin meskipun tidak ada gangguan yang berarti.
Pemeriksaan mata rutin adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengobati masalah penglihatan karena layar komputer.

Mata adalah jendela dunia, sudah seharusnya kita merawatnya dengan baik. Gangguan mata sudah banyak diderita orang, tapi bukan berarti sudah terlambat untuk berusaha. Kita dapat mencegahnya serta mengobatinya dengan langkah-langkah di atas.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon