Rabu, 20 Juli 2016

Dampak Negatif Bermain Pokemon Go

Dampak Negatif Pokemon Go
Apakah bermain game Pokemon Go berbahaya? Belum genap satu bulan game Pokemon Go dirilis sudah membuat banyak orang begitu antusias memainkannya. Pokemon Go menjadi sebuah fenomena yang melanda hampir seluruh penduduk dunia. Sesuatu yang memiliki popularitas dan fitur yang menarik, selalu ada dampak negatif. Dampak negatif bermain Pokemon Go tidak hanya dari segi mental tapi juga secara fisik.

Game yang dibuat oleh Niantic dan Pokemon Company, dirilis pada 6 Juli 2016 ini memungkinkan pemain untuk menangkap Pokemon di lokasi dunia nyata. Pokemon Go menggunakan teknologi AR (Augmented Reality). Aplikasi ini menampilkan monster kecil yang muncul di layar smartphone Anda melalui kamera, saat Anda berjalan di sekitar membuatnya tampak seolah-olah mereka tepat di depan Anda. Game Pokemon Go bisa diunduh di Google Play Store ataupun Apple App Store.
Baca juga: Cara Bermain Game Tersembunyi di Google
 
Dampak Negatif Pokemon Go
Tampilan game Pokemon Go

Banyak orang yang mengatakan bahwa ini adalah terobosan baru dalam bermain game, dimana kita tidak hanya duduk diam dalam ruangan, tapi mengharuskan kita keluar berjalan ke lokasi tertentu. Dampak positif dari perkembangan ini adalah kita bisa sembari berolahraga dan bertemu dengan teman baru. Namun, di sisi lain Pokemon Go juga memiliki dampak negatif. Pemain bisa saja menelusuri lokasi yang tidak seharusnya ia datangi. Resiko ini akan meningkat jika pemain adalah anak-anak di bawah umur.

Berikut adalah berbagai dampak negatif yang disebabkan oleh game Pokemon Go:

  • MENGURAS TENAGA FISIK
Olahraga bisa menjadi alasan lain bermain game ini. Jutaan orang bermain Pokemon Go harus pergi ke luar untuk melakukannya yang menjadi bagian yang menyenangkan, tapi menemukan Pokemon di dunia nyata juga melelahkan jika Anda ingin benar-benar menjadi pemburu Pokemon. Hal yang mungkin lebih buruk di daerah pedesaan di mana Pokestops atau lokasi yang menyediakan item dalam game masih sedikit dan jaraknya jauh. Selain itu, terdapat fitur telur Pokemon yang dikumpulkan dalam permainan mengharuskan pemain menempuh jarak yang bisa cukup jauh agar menetas. Permainan ini juga cukup pintar untuk mengetahui apakah Anda bergerak dengan berjalan kaki, mobil, kereta api atau lainnya.

  • MENYEBABKAN TINDAKAN KRIMINAL
Hal inilah yang terjadi dengan pemain Pokemon Go di Amerika. Selama awal setelah game ini dirilis, banyak orang bermain di malam hari dimana lebih sedikit orang bermain untuk menghindari server overload. Para penjahat memanfaatkannya untuk melancarkan aksinya dengan mengamati pemain lain menggunakan umpan di Pokestops di lokasi terpencil saat larut malam, dan kemudian merampok korban.

  • MEMPENGARUHI PEKERJAAN
Dampak Negatif Pokemon Go
Dampak negatif bermain Pokemon Go terhadap pekerjaan

Akhir-akhir ini banyak berita di televisi dan media sosial yang mengabarkan bahwa para pimpinan di perusahaan dan lembaga pemerintah yang tidak memperkenankan karyawannya berburu Pokemon di tempat kerja. Hal yang sama juga terjadi di beberapa sekolah. Kejadian ini selain mengganggu karyawan lain juga menurunkan tingkat efektivitas kerja seseorang. Banyak pimpinan daerah yang juga mengeluarkan peraturan untuk tidak bermain Pokemon Go di tempat kerja

  • MELANGGAR PROPERTI ORANG LAIN
Mungkin cukup menyenangkan jika lokasi item atau Pokestops adalah area lokal di mana banyak orang berkumpul seperti kafe, warung, restoran, toko dimana tempat-tempat ini mendapatkan keuntungan dari meningkatnya perhatian dan kehadiran sosial yang diciptakan oleh para pemain. Namun, lokasi Pokemon atau Pokestops bisa dimana saja. Bagaimana jika Anda sedang bersantai di teras depan rumah Anda, tiba-tiba ada seseorang membawa smartphone masuk ke ruang tamu karena ada Pokemon di sana. Hal ini bisa cukup mengganggu, terutama jika orang lain tidak tahu mengenai game ini.

Dampak Negatif Pokemon Go
Dampak negatif bermain Pokemon Go

Bahkan menurut berita terdapat seorang warga negara asing yang berburu Pokemon ditangkap di pos pemeriksaan di Cirebon karena tanpa sengaja memasuki wilayah militer Indonesia. Di luar negeri, kejadian yang lebih tragis menimpa 2 pemuda berusia 16 dan 19 tahun yang ditembak karena memasuki wilayah pribadi dan disangka pencuri.

  • RAWAN MENIMBULKAN KECELAKAAN
Dampak Negatif Pokemon Go
Dampak negatif bermain Pokemon Go menyebabkan kecelakaan

Seperti yang kita ketahui, untuk bermain game ini kita harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Banyak orang yang mengeluhkan para pemain sering mengganggu lalu lintas jalan. Para pemain mengatakan bahwa Pokemon sering muncul di area yang ramai sehingga mereka sering berkumpul untuk berburu bersama. Bahkan sering terjadi kecelakaan karena mereka berburu Pokemon ketika mengendarai mobil atau motor.

  • PENCURIAN DATA DAN INFORMASI
Peluncuran game Pokemon Go dianggap menjadi ancaman serius terhadap ketahanan negara. Tanpa disadari game ini menjadi perangkat intelijen yang dilengkapi dengan interconnecting geospasial atau peta suatu wilayah. Game ini berpotensi bisa merekonsiliasi data citra fisik yang cukup valid di setiap sudut wilayah negara dimana para pemain memainkannya. Data bisa diambil dari lokasi GPS, maps dan koneksi data. Hal ini mungkin mirip dengan produk Google Glass yang sempat dilarang digunakan di beberapa negara.

Hal ini bisa lebih membahayakan jika pemain adalah para pejabat, polisi, tentara atau pegawai negeri yang berburu di wilayah kerja masing-masing beresiko menyebarkan informasi fisik dan geografis wilayah yang rahasia dan seharusnya tidak menjadi konsumsi umum.

Aplikasi permainan Pokemon Go sendiri telah memberikan peringatan di layar loading yang meminta pemain untuk memperhatikan lingkungan di sekitarnya, tapi jelas banyak orang yang terlalu antusias hingga mereka lupa untuk melihat kondisi sekitar. Orang tua harus tetap mendampingi anak ketika bermain karena mental anak masih labil sehingga orang tua harus bisa memberi pengertian agar tetap dalam batas wajar. Bagaimanapun, kita tidak bisa menghentikan perkembangan teknologi, salah satunya adalah game Pokemon Go ini. Itulah sebabnya kita harus menggunakannya dengan bijak.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon