Rabu, 25 Mei 2016

Browsec, Aplikasi Browser untuk Membuka Situs yang Diblokir

Browsec, Aplikasi Browser untuk Membuka Situs yang Diblokir
Pernahkah Anda tidak dapat membuka suatu website karena diblokir oleh penyedia internet? Pasti banyak orang pernah mengalaminya dan mencoba mencari cara untuk membuka situs yang diblokir tersebut. Kali ini kita akan membahas sebuah tool yang bisa kita manfaatkan ketika ada situs yang diblokir, baik pada browser Mozilla Firefox maupun Google Chrome.

Pada review kali ini, kita akan membahas sebuah add-on yang bernama Browsec, yang digunakan untuk membuka situs secara anonim. Perlu diperhatikan ini bukanlah VPN, tapi sebuah aplikasi yang diinstal tanpa adanya tunnel (jalur khusus).

Untuk menggunakannya, cukup buka browsec.com dan cari "Install Browsec". Cara lain Anda dapat menginstal ekstensi atau add-on dari Chrome store atau halaman Add-On Firefox untuk mendapatkan verifikasi bahwa ekstensi tersebut bebas virus dan malware.

Baca juga: Mempercepat Browser Google Chrome

Jika sudah terinstall akan muncul icon Browsec di kanan atas. Pada contoh ini saya menggunakan Google Chrome. Anda dapat mengganti pilihan IP berdasarkan negara dengan memilih tombol Change. Setelah itu coba buka website yang diblokir. Jika semua berfungsi dengan baik, hampir semua website dapat dibuka dengan lancar, bahkan dalam website resminya tertulis hingga 100 Mbit/s.

Browsed memiliki banyak kelebihan selain kecepatannya, antara lain dapat digunakan gratis dan penggunaannya yang mudah juga sangat membantu pengguna.

Dampak Penggunaan Browsec Terhadap Keamanan
Meskipun banyak kelebihannya, Browsec juga memiliki kelemahan. Perlu diperhatikan bahwa Browsec hanya menyembunyikan IP komputer Anda untuk browsing internet. Kita harus berhati-hati ketika mendengar sesuatu yang gratis, dengan asumsi jika kita tidak membayar layanan tersebut tentunya perusahaan harus menutup biaya operasional dengan cara lain.

Baca juga: Tanda-Tanda Situs Download Palsu

Browsec, Aplikasi Browser untuk Membuka Situs yang Diblokir
Proses instalasi Browsec pada Google Chrome
Browsec, Aplikasi Browser untuk Membuka Situs yang Diblokir
Tampilan Browsec ketika sudah terinstall

Kebijakan privasi dari Browsec mengungkapkan bahwa mereka mengumpulkan informasi tentang kebiasaan surfing Anda ketika proxy diaktifkan dan data dapat digunakan untuk pemantauan dan penelitian, juga diungkapkan bahwa setelah proses anonymising, data bisa dibagi dengan mitra bisnis, cara standar pembiayaan penyedia VPN, mungkin dari sinilah Browsec membiayai operasional perusahaan.

Dari sedikit uraian di atas, kita bisa melihat bahwa Browsec merupakan add-on yang cukup memuaskan untuk membuka situs yang diblokir baik di Firefox, Chrome, Opera, Android maupun iOS. Banyak pengguna yang merasa puas dengan kecepatannya mengingat semua lalu lintas data kita ketika surfing dialihkan melalui proxy mereka. Tapi ada juga yang mengeluh karena memang kondisi hardware, software dan koneksi internet tiap orang berbeda-beda. Penggunannya juga sangat mudah. Tapi di sisi lain kita rentan terhadap pengumpulan informasi pribadi yang mungkin kita tidak ingin orang lain ketahui.

Jika Anda menggunakan Browsec hanya untuk menonton video di Youtube, melihat berita tanpa melibatkan informasi penting, Anda cenderung tetap aman. Tapi pastikan Anda mematikan add-on ini ketika membuka website yang membutuhkan keamanan seperti internet banking, membuka email, sosial media dan website lain yang mengharuskan kita memasukkan username dan password.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon