Jumat, 11 Maret 2016

Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Mempercepat Koneksi Internet Wifi
Cara mudah membuat koneksi internet wifi lebih cepat - Perkembangan dunia komunikasi radio telah membuat kita hidup di dunia yang serba mudah. Seringkali kita merasa sudah tidak bergantung lagi dengan koneksi, tanpa memikirkan adanya kabel yang harus selalu terhubung. Hal ini sudah digantikan dengan sinyal yang lebih efektif, yaitu WiFi. Dengan meningkatnya inovasi dalam dunia teknis, kita bisa memaksimalkan koneksi internet wifi laptop kita.

Sistem jaringan wireless saat ini cukup mudah dibuat, tetapi bukan berarti mudah untuk dikelola. Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh sebagian besar pengguna internet wireles adalah sinyal Wi-Fi yang lemah yang menghambat kecepatan transmisi data yang baik, menyebabkan masalah konektivitas.
Baca juga: Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik

Jaringan Wi-Fi memiliki jangkauan yang terbatas oleh daya transmisi, jenis antena, lokasi dan lingkungan. Umumnya sebuah router WiFi dapat menyebarkan sinyal hanya sampai 50-100 meter. Jika Anda menggunakan laptop, Anda harus berada cukup dekat dengan sumber WiFi tersebut. Ada beberapa tips cepat untuk memaksimalkan kekuatan sinyal yang Anda terima dan meminimalkan gangguan yang menghambat koneksi.

  • Upgrade Hardware Wireless
Laptop baru biasanya dilengkapi dengan wireless jenis 802.11b, 802.11g atau 802.11n. Hal ini sangat berpengaruh terhadap router yang digunakan. Meskipun Anda memiliki laptop dengan jenis 802.11n yang berkecepatan hingga 600Mbps, tapi router yang menyebarkan sinyal WiFi memiliki jenis 802.11b yang hanya berkecepatan 11Mbps, maka kecepatan total yang Anda dapatkan adalah hanya 11Mbps. Oleh karena itu, upgrade hardware wireless dengan jenis yang sesuai dapat meningkatkan performa jaringan.

  • Menambah Adpater Eksternal
Mempercepat Koneksi Internet Wifi
Jika Anda ingin mempercepat koneksi internet wifi terutama pada perangkat laptop lama karena teknologi receiver yang digunakan juga model lama, kita bisa menggantinya dengan adapter eksternal. Kita cukup menonaktifkan Wi-Fi built-in dan memasang adaptor wifi eksternal. Perangkat ini biasanya dilengkapi dengan antena besar dan menggunakan teknologi baru dan menggunakan port USB laptop.

  • Update Firmware
Mempercepat Koneksi Internet Wifi
Mempercepat Koneksi Internet Wifi
Update firmware yang berarti kita memperbarui software. Hal ini dapat kita lakukan dua arah, yang artinya kita bisa melakukan pembaruan dari sisi router dan laptop. Kita bisa mengkonfigurasi ulang router menggunakan firmware berbasis Linux atau program DD-WRT, tapi pastikan bahwa firmware tersebut kompatibel dengan perangkat router Anda. Di sisi laptop kita bisa melakukan update driver perangkat wireless kita. Jika kita menggunakan siste operasi Windows, terutama Windows 10 secara otomatis akan ter-update.
Baca juga: Meningkatkan Kinerja Jaringan Komputer
  • Pengaturan Daya Perangkat WiFi
Seperti halnya adapter jaringan yang mendukung koneksi dengan menyesuaikan daya transmisi, kita dapat mengaturnya sehingga kekuatan dan daya tangkap sinyal laptop kita semakin tinggi. Pengaturan ini dapat diatur melalui program driver perangkat WiFi dan berbeda-beda untuk merek yang berbeda. Pada dasarnya, untuk memastikan kekuatan sinyal maksimal adalah dengan mengatur daya maksimum atau 100%. Namun, jika laptop Anda sedang berjalan dalam modus hemat daya, pengaturan ini akan secara otomatis menurunkan jangkauan dan kekuatan sinyal perangkat. Kelemahan dari cara ini adalah membutuhkan lebih banyak daya dan membuat baterai cepat habis.

  • Menonaktifkan Program yang Mengganggu Jaringan
Mempercepat Koneksi Internet Wifi
Mempercepat Koneksi Internet Wifi
Selalu periksa berapa banyak aplikasi yang berjalan secara background pada laptop Anda. Hal ini cukup berpengaruh karena sebuah aplikasi yang berjalan akan menggunakan daya prosesor dan RAM, serta ada juga yang membutuhkan sumber daya jaringan. Tidak mengherankan bahwa hal ini dapat menjadi penyebab jaringan menjadi lambat. Nonaktifkan aplikasi sejenis yang tidak digunakan. Jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus karena salah satu jenis virus yang disebut dengan Worm merupakan virus spesialis koneksi jaringan yang bekerja untuk membuat koneksi overload.
Baca juga: Perbedaan Antara Virus, Trojan, Worms dan Malware Lainnya

Jarak antara router dan perangkat, serta jumlah halangan seperti dinding dan lantai, dapat membuat perbedaan besar pada koneksi internet wifi Anda. Jika Anda memiliki masalah jaringan yang membuatnya terasa lambat atau tidak mendapatkan sinyal, Anda bisa mencoba beberapa cara di atas.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon