Sabtu, 06 Februari 2016

Menghidupkan Komputer Tanpa Keyboard

Menghidupkan Komputer Tanpa Keyboard
Cara menghidupkan komputer tanpa keyboard - Selayaknya sebuah komputer atau laptop pasti dilengkapi minimal dengan mouse dan keyboard sebagai perangkat input serta monitor sebagai perangkat output. Tanpa perangkat-perangkat ini komputer tidak akan dapat bekerja dengan baik. Misalnya saja jika kita menyalakan komputer tanpa menancapkan keyboard, maka sistem tidak akan dapat berjalan dan masuk sistem operasi. Tapi ada cara tertentu untuk menghidupkan komputer tanpa keyboard.

Masalah ini tentunya sering dialami oleh seorang administrator jaringan. Jika sewaktu-waktu terjadi listrik padam, ketika sudah menyala mereka pasti ingin agar PC server dapat langsung booting tanpa harus menekan tombol karena power loss atau bahkan tanpa keyboard sama sekali. Komputer yang tidak dilengkapi keyboard secara default tidak akan menyala dan muncul peringatan bahwa terjadi keyboard error.

Menghidupkan Komputer Tanpa Keyboard
Peringatan error karena keyboard tidak ditemukan

Untuk mengatasi hal ini, kita dapat mengatasinya dengan mengatur setting pada BIOS (Basic Input Intput System). Pengaturan ini mungkin sedikit berbeda pada setiap merek komputer tergantung pada jenis dan versi dari software BIOS itu sendiri.

Baca juga: Kegunaan Tombol Fungsi F1-F12 Keyboard pada Windows

Pada jenis Award BIOS, kita dapat mengatur pada bagian Halt On. Pada setting standar akan aktif pada pilihan "All, But Keyboard" yang berarti komputer akan menyala selama tidak ada error pada keyboard. Agar komputer dapat menyala tanpa keyboard, maka ganti pilihan pada "No Errors" sehingga sistem akan tetap dijalankan tidak peduli meskipun ada error.

Menghidupkan Komputer Tanpa Keyboard
Pengaturan BIOS Komputer Tanpa Keyboard

Pada jenis BIOS Lenovo kita dapat mengaturnya pada pilihan "Keyboardless Operation". Pilihan default adalah Disabled, cukup ganti Enabled agar kita dapat menghidupkan komputer tanpa perlu keyboard.

Menghidupkan Komputer Tanpa Keyboard
Pengaturan BIOS Komputer Tanpa Keyboard

Untuk jenis BIOS lain mungkin berbeda namanya, tapi pada intinya cari setting yang berfungsi untuk mengatur power komputer agar tidak menghiraukan adanya error sehingga sistem dapat langsung masuk ke sistem operasi.

Baca juga: Asal Mula Susunan Keyboard QWERTY

Demikian tutorial singkat mengenai cara mudah menghidupkan komputer tanpa keyboard. Semoga bermanfaat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon