Selasa, 29 September 2015

Jenis dan Perbedaan Format Gambar untuk Halaman Web

Jenis dan Perbedaan Format Gambar untuk Halaman Web
Jenis dan Perbedaan Format Gambar untuk Halaman Web - Mengapa ada begitu banyak format gambar yang berbeda ketika membuka halaman web? Apakah Anda sudah paham dengan ekstensi gambar atau foto yang tersimpan di komputer Anda? Ada begitu banyak format gambar yang digunakan saat ini. Ekstensi file seperti jpeg, bmp, gif, dan banyak lagi dapat dilihat setelah nama file gambar tersebut, yaitu dipisahkan dengan tanda titik (.), misalnya "foto.jpg". Kita seringkali mengabaikannya, karena kita mengira tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai format gambar tersebut. Tapi ada jenis gambar tertentu yang dibuat dan dioptimasi khusus untuk halaman website.

Semua jenis gambar ini memang tidak kompatibel. Masing-masing format gambar memiliki kelebihan dan kekurangan, dibuat untuk tujuan tertentu yang berbeda-beda, salah satunya adalah digunakan untuk halaman web. Gambar yang digunakan pada halaman web haruslah berukuran kecil, tapi tetap dengan kualitas yang baik. Dalam halaman web, format gambar yang umum digunakan antara lain:

  • GIF
  • JPEG
  • Animasi GIF
  • MPEG
  • Shockwave
  • NxView

Mungkin dua format yang paling umum sejauh ini adalah gambar GIF dan JPEG. Kedua format ini merupakan gambar bitmap dengan kode statis. Dalam gambar bitmap, file gambar harus menentukan warna yang tepat dari setiap pixel dalam gambar. Sebagai contoh, bayangkan sebuah file bitmap di web berukuran 400x400 piksel. Untuk menentukan gambar ini, Anda akan perlu 24 bit per pixel untuk 160.000 piksel, atau 480.000 byte. Dengan demikian akan menjadi file gambar berukuran besar, sehingga baik format GIF dan JPG memiliki teknik kompres gambar yang berbeda.

Baca juga: Mengganti Gambar Musik MP3 Otomatis

Dalam gambar GIF, jumlah warna dikurangi hingga hanya tersisa 256 jenis dan kemudian menjalankan piksel dengan warna yang sama dikodekan dalam format warna+jumalh piksel. Misalnya, jika ada 100 piksel pada suatu garis dengan 25 warna, file akan menyimpan gambar sejumlah warna (25) dan panjang garis (100). Hal ini membuat file GIF memiliki kelebihan untuk menyimpan gambar besar yang memiliki banyak piksel dengan warna yang sama.

Jenis dan Perbedaan Format Gambar untuk Halaman Web
Gambar Animasi GIF

Sebuah file JPG menggunakan teknik yang jauh lebih kompleks untuk kompresi gambar seperti foto, di mana warna setiap pixel berbeda. Sebuah file GIF menciptakan reproduksi yang sempurna dari aslinya, sementara file JPG tidak.

Animasi GIF adalah file GIF yang berurutan dan terikat bersama-sama, ditampilkan satu demi satu sehingga tampak bergerak. Dengan jumlah gambar yang cukup, kita bisa mendapatkan animasi yang sangat realistis. Namun, ukuran file akhir dari animasi GIF adalah akumulasi jumlah dari file GIF yang digunakan untuk membuat urutan, dan dapat bertambah dengan cepat.

File MPEG menggunakan algoritma yang kompleks seperti halnya file JPEG, dengan menghilangkan pengulangan antara frame untuk secara signifikan mengompres informasi video, selain itu memungkinkan soundtrack (yang tidak didukung pada animasi GIF). Karena teknik ini juga membutuhkan ratusan atau ribuan frame, ukuran file bisa menjadi cukup besar.

Shockwave menyediakan kemampuan animasi berbasis vektor. Teknologi yang digunakan tidak menentukan warna setiap pixel, file Shockwave menentukan koordinat bentuk (hal-hal seperti garis, persegi panjang, lingkaran, dll) serta warna setiap bentuk. File Shockwave bisa sangat kecil, memungkinkan adanya animasi dan suara. Ukuran gambar juga scalable (dapat disesuaikan) karena berbasis vektor, kita dapat memperbesar gambar dan akan tetap terlihat bagus, tidak buram.

Teknologi NxView merupakan file 3D berbasis vektor yang memungkinkan interaksi dengan user. Anda dapat memutar dan memperbesar pada objek 3D ke berbagai arah. Pada dasarnya ini adalah format Shockwave yang dibuat dalam bentuk 3-D. File jenis ini cukup kecil untuk jumlah detail yang disimpannya.

Kita dapat melihat bahwa setiap format file memiliki seperangkat fitur dan keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan terbaik dalam situasi tertentu. Itulah mengapa ada begitu banyak format gambar. Jadi, tentukan format file gambar yang tepat untuk halaman web Anda.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon