Rabu, 13 Mei 2015

Mempercepat Browser Google Chrome

Mempercepat Browser Google Chrome
Internet lemot ditambah dengan kinerja browser yang lambat, bisa menjadi penderitaan tersendiri bagi kita. Setelah beberapa lama pemakaian, biasanya kita merasakan ada penurunan performa pada browser internet kita. Hal ini wajar karena semakin lama kita menggunakannya, maka akan semakin banyak data yang disimpannya. Begitu pula dengan browser Google Chrome, yang saat ini terkenal dengan kehandalannya dan fitur-fitur yang menarik. Tapi bagaimana jika kita dapat membuat Chrome bekerja lebih cepat?

Pernahkah Anda menyadari bahwa ketika pertama kali menginstall Google Chrome, ada beberapa ekstensi dan plugin yang otomatis terinstall. Kita dapat mengaturnya sesuai keinginan kita agar dapat mempercepat browsing.

Mematikan PlugIn
Plugin berguna untuk melakukan perintah-perintah khusus dari konten internet, seperti Flash, Silverlight, Java atau file media, tetapi kebanyakan tidak penting dan jarang digunakan untuk browsing sehari-hari. Plugin dapat memperlambat kinerja Chrome, tetapi Anda dapat menonaktifkan plugin yang memang tidak Anda gunakan. Untuk mengaturnya, buka Google Chrome dan ketik "about: plugins" (tanpa tanda kutip) di address bar Chrome dan tekan Enter.
Mempercepat Browser Google Chrome
Kita dapat dengan aman menonaktifkan masing-masing Plugin, kecuali Flash karena banyak situs menggunakan Flash untuk menampilkan menu, media dan video. Jika Anda menonton video di Youtube mengunakan Chrome, Anda perlu mengaktifkan Adobe Flash Player. Anda dapat mengaktifkan plugin kapanpun sesuai kebutuhan.
Untuk menonaktifkannya cukup klik tombol Disable sehingga berubah menjadi Enable. Perlu diingat bahwa Plugin tidak dapat dihapus atau di-uninstall, tapi hanya bisa dinonaktifkan. Lain halnya dengan plugin yang terinstal sebagai bagian dari penambahan ekstensi dan akan hilang secara otomatis ketika menghapus ekstensi tersebut.
Plugin yang nonaktif akan berubah warna menjadi abu-abu dan link Disable akan menjadi Enable.

Mematikan Extensions
Ekstensi atau Extensions adalah program kecil yang tersedia di Chrome Web Store untuk menambahkan fitur tambahan dan fungsionalitas tertentu untuk Chrome, misalnya ekstensi untuk translate. Sebagian bisa sangat berguna, tetapi jika ada terlalu banyak ekstensi yang terinstal, kecepatan browser mungkin akan terpengaruh.
Untuk mengaksesnya cukup buka Menu > More Tools > Extensions atau ketika "chrome://extensions" (tanpa tanda kutip). Kita dapat dengan mudah menonaktifkan ekstensi tanpa meng-uninstall-nya untuk meningkatkan kecepatan browsing.
Mempercepat Browser Google Chrome
Untuk mengaktifkan ekstensi cukup aktifkan tanda check pada bagian Enabled, dan sebaliknya. Untuk benar-benar menghapusnya Anda dapat menekan tombol dengan icon tempat sampah di bagian kanan.

Bersihkan Data Browsing
Saat Anda menelusuri web, database history Chrome mengumpulkan URL dan teks cache untuk situs web yang dikunjungi, daftar download, cookies, dan website serta data Plugin lainnya. History dan cache database memang bermanfaat untuk mempercepat komputer Anda dengan menyimpan data secara lokal tanpa harus men-download setiap kali membuka halaman, tapi kadang-kadang database history ini menjadi sangat besar dan dapat memperlambat kinerja Chrome.
Kita tidak perlu menghapus history secara teratur untuk meningkatkan kecepatan, karena fitur ini dapat mempercepat halaman yang sering kita akses. Tapi history dan cache bisa dimatikan untuk alasan privasi atau jika terdapat masalah dengan situs tertentu.

Ada beberapa cara untuk menghapus history browsing, termasuk membersihkan seluruh history dan cache untuk situs tertentu.

Untuk menghapus seluruh history, klik Menu > More Tools > Clear browsing data. Pilih periode data yang ingin dihapus, misalnya satu jam sebelumnya, sehari sebelumnya, seminggu dan seterusnya. Pilih juga jenis data yang akan dihapus dengan memberi tanda check, lalu klik tombol Clear browsing history. Dengan demikian seluruh history, cache dan halaman web yang pernah Anda akses akan dihapus.
Mempercepat Browser Google Chrome

Dalam kasus lain, mungkin kita hanya ingin menghapus beberapa history saja karena history lain masih kita butuhkan. Dalam hal ini kita dapat membersihkan history secara manual.
Buka Menu > History atau tekan tombol Ctrl+H. Akan muncul halaman History yang berisi situs-situs yang pernah kita buka. Cukup pilih data mana saja yang ingin kita hapus dan klik tombol Remove selected items.
Mempercepat Browser Google Chrome

Selain itu, bersihkan juga history dari New Tab, yaitu icon-icon yang muncul ketika kita membuka tab baru. Caranya cukup mudah, buka tab baru dan klik tanda silang pada masing-masing icon yang ingin dihapus. Hal ini sangat berpengaruh terhadap loading screen ketika kita membuka tab baru. Halaman New Tab juga akan otomatis kosong ketika kita menghapus data history dan cache secara keseluruhan.
Mempercepat Browser Google Chrome

Gunakan Google Software Removal Tool
Google juga telah meluncurkan sebuah tool yang dapat membantu kita membersihkan browser Chrome dari sebala sesuatu yang berpotensi mengganggu operasi normal browser, misalnya malware dan spyware yang menginfeksi instalasi Chrome dan membuat kinerjanya semakin lambat.

Untuk mendapatkannya cukup buka halaman www.google.com/chrome/srt/ dan klik tombol Download.
Mempercepat Browser Google Chrome

Jalankan software tersebut secara langsung tanpa perlu menginstallnya. Program ini akan memeriksa direktori instalasi Google Chrome dan memastikan tidak ada permasalahan. Laporan akan muncul ketika proses selesai, dan jika tidak ada masalah akan tertulis "No suspicious programs found" yang berarti Google Chrome berjalan lancar.

Anti Malware dan Spyware
Selain antivirus, ada baiknya Anda menambahkan perlindungan dengan menginstall anti malware dan spyware karena tidak semua antivirus mendeteksi gangguan ini. Program ini didesain untuk mencari dan memblokir spyware yang menyerang browser, termasuk Chrome.
Banyak spyware menyebabkan ketidakstabilan di browser yang kemudian menyebabkan masalah lain, bahkan hingga crash.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon