Jumat, 10 April 2015

Jenis-Jenis RAM Komputer

Jenis-Jenis RAM Komputer
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara. RAM memungkinkan kita menulis dan membaca data dalam waktu yang sama cepatnya. Berbeda dengan media penyimpanan lainnya seperti hardisk, CD-R, DVD-R atau media disk lainnya yang hanya bisa membaca atau menulis pada satu waktu, dan kecepatan baca-tulis cukup berbeda jauh tergantung lokasi fisik dimana data disimpan, kecepatan mekanik, rotasi, pergerakan lengan dan lain sebagainya.

Saat ini, RAM sudah berkembang seiring teknologi sirkuit terintegrasi (IC). RAM merupakan media penyimpanan volatile, dimana informasi yang disimpan akan hilang ketika power mati, meskipun saat ini sudah mulai dikembangkan RAM jenis non-volatile. Jenis memory non-volatile lain ada yang memungkinkan akses acak untuk operasi baca, tapi tidak mengijinkan operasi tulis, seperti ROM (Read Only Memory) pada BIOS komputer kita dan flash memory atau NOR-Flash.

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM yang umum digunakan:

  • SRAM: Static Random Access Memory, menggunakan beberapa transistor, sekitar 4-6 buah pada setiap sel memori, tetapi tidak memiliki kapasitor di setiap sel. RAM jenis ini banyak digunakan untuk cache.
  • DRAM: Dynamic Random Access Memory, memiliki sel memori dengan pasangan transistor dan kapasitor yang diperlukan untuk refresh konstan.
  • FPM DRAM: Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory, adalah bentuk asli dari DRAM. Memori jenis ini menunggu ketika seluruh proses penempatan data berdasarkan kolom dan baris dan kemudian membaca bit-bit data tersebut sebelum melanjutkan ke bit berikutnya. Transfer rate maksimum cache L2 adalah sekitar 176 MBps.
  • EDO DRAM: Extended Data-Out Dynamic Random Access Memory, pengembangan dari FPM DRAM sehingga tidak menunggu semua pengolahan bit pertama sebelum melanjutkan ke bit yang berikutnya. Begitu alamat dari bit pertama dipopsisikan, EDO DRAM mulai mencari bit berikutnya. EDO DRAM memiliki kecepatan sekitar 5% lebih cepat dari FPM DRAM. Transfer rate maksimum cache L2 adalah sekitar 264 MBps.
  • SDRAM: Synchronous Dynamic Random Access Memory, memanfaatkan konsep mode burst untuk lebih meningkatkan kinerja. Hal ini dilakukan dengan tetap berada di baris yang berisi bit diminta dan bergerak cepat melalui kolom, membaca setiap bit sebagai kelanjutannya. Idenya adalah bahwa sebagian besar waktu data yang dibutuhkan oleh CPU akan di urutan. Kecepatan SDRAM sekitar 5% lebih cepat dari EDO RAM dan merupakan bentuk yang paling umum digunakan pada perangkat desktop saat ini. Transfer rate maksimum cache L2 adalah sekitar 528 MBps.
  • DDR SDRAM: Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM, mirip seperti SDRAM, hanya saja memiliki bandwidth yang lebih tinggi, yang berarti kecepatan yang lebih besar. Transfer rate maksimum cache L2 adalah sekitar 1.064 MBps (untuk DDR SDRAM dengan data rate 133 MHZ).
  • RDRAM: Rambus Dynamic Random Access Memory, adalah kelnjutan dari arsitektur DRAM sebelumnya. Dirancang oleh Rambus, RDRAM menggunakan modul memori Rambus in-line (RIMM), yang memiliki ukuran dan konfigurasi yang mirip pin DIMM standar. Hal yang membuat RDRAM begitu berbeda adalah penggunaan sebuah bus data berkecepatan tinggi khusus yang disebut saluran Rambus. Chip memori RDRAM bekerja secara paralel untuk mencapai data rate 800 MHz, atau 1.600 MBps. Karena beroperasi pada kecepatan tinggi, RAM ini menghasilkan lebih banyak panas daripada jenis chip lain. Untuk membantu menghilangkan kelebihan panas pada chip Rambus dilengkapi dengan heatsink, yang terlihat seperti lapisan tipis panjang untuk menyerap panas.Ada juga versi yang lebih kecil yang disebut dengan SO-RIMM, yang dirancang untuk komputer notebook.
  • Credit Card Memory: adalah modul memori DRAM mandiri yang dihubungkan ke slot khusus untuk digunakan dalam komputer notebook.
  • PCMCIA Memory Card: modul DRAM mandiri lainnya untuk notebook, kartu jenis ini tidak eksklusif dan harus bekerja dengan komputer notebook dengan sistem bus sesuai konfigurasi kartu memori tersebut.
  • CMOS RAM: adalah istilah untuk sejumlah kecil memori yang digunakan oleh komputer Anda dan beberapa perangkat lainnya untuk mengingat hal-hal seperti pengaturan hardisk. Itulah sebabnya komputer atau laptop kita membutuhkan baterai. Memori ini juga memerlukan tenaga baterai untuk menyediakan kekuatan yang dibutuhkan untuk mempertahankan isi memori, seperti data tanggal, data pernangkat yang terhubung, dan lain-lain.
  • VRAM: disebut juga VideoRAM, juga dikenal sebagai Multiport Dynamic Random Access Memory (MPDRAM), adalah jenis RAM yang digunakan khusus untuk adapter video atau 3-D akselerator. Istilah multiport berasal dari fiturnya yang biasanya memiliki dua port akses independen, yang memungkinkan prosesor CPU dan grafis untuk mengakses RAM secara bersamaan. VRAM terletak pada kartu grafis dan datang dalam berbagai format. Jumlah VRAM adalah faktor yang menentukan kedalaman resolusi dan warna layar. VRAM juga digunakan untuk menyimpan informasi grafis khusus seperti data geometri 3-D dan peta tekstur. VRAM multiport yang asli cenderung lebih mahal, jadi saat ini banyak kartu grafis menggunakan SGRAM atau Synchronous Graphics RAM sebagai gantinya. SGRAM memiliki kinerja yang hampir sama dengan VRAM, namun SGRAM lebih murah.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon