Selasa, 10 Maret 2015

Cara Cerdas Memilih Smartphone yang Tepat

Cara Cerdas Memilih Smartphone yang Tepat
Smartphone yang seharusnya dapat membuat hidup kita lebih mudah. Dengan smartphone kita dapat mengelola e-mail dan jadwal, mendapatkan petunjuk arah, mengabadikan moment tertentu, berbagi informasi dengan teman-teman, mendengarkan musik hingga menonton film. Smartphone bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan kegiatan harian kita, jadi itulah sebab mengapa kita harus memilih smartphone yang benar-benar sesuai.

Banyak orang merasa bingung ketika memilih smartphone. Mana yang merupakan platform terbaik, Android atau iPhone? Mana model yang paling murah tapi tidak murahan? Bagaimana solusi yang ditawarkan ketika terjadi kerusakan? Apakah kita harus membeli ponsel yang kaya fitur dan benar-benar memerlukannya?

Smartphone bisa dibilang bukan barang yang murah, sehingga kita harus memanfaatkan waktu untuk melakukan sedikit riset atau penelitian dan mencari tahu apa yang Anda butuhkan, inginkan, dan lakukan dengan perangkat tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk mempersempit pilihan Anda, menemukan smartphone yang tepat, operator dan rencana Anda sehingga berakhir dengan smartphone yang benar dan mungkin ada beberapa uang sisa untuk kebutuhan lain.

Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan sebuah Smartphone?
Hal ini tampaknya seperti pertanyaan yang cukup konyol, tapi langkah pertama dalam memilih smartphone yang tepat adalah untuk memastikan apakah kita benar-benar membutuhkannya. Smartphone mahal yang diikuti dengan biaya pulsa dan data yang tidak sedikit.

Jadi, bagaimana jika kita tidak begitu membutuhkan smartphone? Perhatikan bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda saat ini. Mungkin Anda hanya menggunakan telepon untuk berbicara dan pesan teks SMS. Jika Anda sudah memiliki perangkat lain untuk sistem GPS dan pemutar MP3 misalnya, Anda tentunya sudah tidak membutuhkan ponsel mahal, tapi cukup telepon biasa yang tidak memiliki fasilitas musik atau GPS. Dengan smartphone membuat kita memiliki akses langsung untuk bekerja dengan e-mail, media sosial dan web, tapi tidak semua orang ingin selalu terhubung.

Cara Cerdas Memilih Smartphone yang Tepat

Di sisi lain, perhatikan juga tentang bagaimana kita menggunakan telepon. Jika Anda tidak ingin ketinggalan tweet terbaru, update status dari teman-teman dan berita, maka smartphone tampak layak untuk Anda. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk online sepanjang waktu, memberikan respon langsung terhadap e-mail dan pertanyaan, smartphone sangat cocok bagi Anda. Anda mungkin sudah memiliki pemutar MP3 dan GPS, tetapi memiliki semua fitur yang ada di satu perangkat secara praktis dapat membuat hidup lebih mudah. Akhirnya, jika Anda sering melakukan perjalanan panjang di angkutan umum, kereta atau pesawat, atau jika Anda sering memiliki banyak waktu luang, smartphone dapat membantu Anda melewati waktu yang membosankan.

Pilih Operator yang Tepat
Perusahaan operator ponsel biasanya memiliki TOS (term of service : layanan) yang membingungkan sama seperti ponsel yang mereka tawarkan. Masing-masing memiliki data plan yang berbeda-beda, cara kerja yang berbeda dan memiliki tingkat layanan dan jangkauan yang sangat beragam. Anda juga harus memutuskan apakah Anda bersedia untuk membayar lebih dengan penggunaan smartphone.

Untuk menemukan perusahaan operator ponsel yang tepat, pastikan memiliki cakupan terbaik di mana Anda tinggal. Memiliki smartphone canggih tidak akan berarti jika Anda tidak dapat terhubung ke Web atau melakukan panggilan. Selain memastikan daerah Anda berada dalam cakupan yang baik, pastikan jaringan yang Anda inginkan tersedia di wilayah Anda. Teknologi smartphone saat ini berkisar antara kecepatan 3G dan 4G hingga LTE. Jika sinyal yang disediakan operator di daerah Anda adalah teknologi 3G, percuma membeli smartphone dengan teknologi 4G, kecuali Anda berganti operator yang menyediakan kecepatan 4G di tempat Anda. Perhatikan juga cakupan area di mana Anda sering bepergian.

Sesuaikan dengan Anggaran
Ketika Anda memutuskan berapa banyak uang untuk dibelikan smartphone, Anda memiliki dua biaya untuk dipertimbangkan: harga smartphone itu sendiri dan harga dari data plan (untuk kasus ponsel bundel dengan operator). Harga ponsel adalah biaya satu kali. Perusahaan operator telepon seluler juga cenderung menawarkan banyak promosi dan diskon, sehingga harga ponsel yang Anda inginkan mungkin lebih murah dari yang Anda pikirkan, tapi dengan biaya data yang lebih besar.

Pertimbangkan tentang bagaimana Anda akan menggunakan ponsel Anda. Jika Anda berencana menggunakan terutama untuk berbicara dan SMS, dengan hanya sedikit e-mail atau web surfing, lihat apakah Anda dapat menemukan total biaya dengan sedikit paket data. Jika Anda terus-menerus secara online dan ingin men-download aplikasi terbaru, game dan film, lebih baik gunakan paket dengan lebih banyak data.

Apa Sistem Operasi yang Anda inginkan?
Bagi banyak orang, memilih smartphone yang tepat adalah tentang memilih sistem operasi yang tepat. Sistem operasi smartphone adalah platform yang digunakan untuk menjalankan berbagai program. Saat ini semua sistem operasi sudah cukup untuk menghubungkan Anda ke Web, e-mail, panggilan telepon dan teks, jejaring sosial yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Empat sistem operasi yang paling umum untuk smartphone saat ini adalah iOS Apple yang berjalan pada iPhone, sistem Android dari Google, Windows Mobile dari Microsoft dan Research in Motion (RIM) Blackberry OS. Kebanyakan orang awam mungkin tidak begitu melihat perbedaan dalam cara masing-masing sistem ini beroperasi.

Jika Anda berencana untuk menggunakan banyak aplikasi pada smartphone Anda, ada baiknya menghindari sistem operasi Blackberry. Blackberry OS sangat bagus untuk penggunaan e-mail dan web browsing, tetapi tidak memiliki banyak aplikasi seperti OS lainnya. Jika Anda ingin banyak aplikasi, iPhone bisa jadi pilihan terbaik. App store dari Apple merupakan yang terbesar di dunia. Kelemahan Apple OS adalah hanya tersedia pada iPhone Apple. Berbeda dengan ponsel Android yang tersedia pada berbagai merek ponsel, sehingga lebih mudah untuk menemukan berbagai macam pilihan. Ponsel Windows cocok untuk melakukan banyak pekerjaan pada smartphone Anda. Karena menjalankan versi mobile dari Windows, yang mungkin sudah berjalan pada komputer Anda, sangat mudah untuk membiasakan diri dan melakukan sinkronisasi serta bekerja pada MS Excel dan MS Word yang kompatibel pada ponsel Anda.

Setelah Anda memutuskan pada anggaran, sistem operasi, operator dan biaya, satu hal penting yang perlu Anda putuskan: memutuskan untuk membeli ponsel Anda. Luangkan waktu tentang hal ini.
Cek semua jenis ponsel dengan kisaran harga dan dengan sistem operasi yang Anda inginkan. Pikirkan tentang pekerjaan yang akan Anda gunakan pada perangkat tersebut, dan mencobanya pada ponsel tester di toko. Pastikan tombol yang nyaman, layar yang jernih, kemudahan beralih antara aplikasi, dan lain sebagainya. Letakkan ponsel ke telinga Anda dan pastikan nyaman juga.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon