Sabtu, 28 Februari 2015

Coba Firefox OS Sekarang Juga

Coba Firefox OS Sekarang Juga
Semua pengguna internet pasti sudah mengenal yang namanya Firefox, browser dengan popularitas yang sangat tinggi. Firefox merupakan rival dari Chrome, browser andalan dari Google. Ketika Google merilis Chrome OS untuk perangkat Chromebook, Firefox tidak mau kalah dengan meluncurkan Firefox OS. Firefox OS merupakan sistem operasi perangkat mobile seperti smartphone. Banyak fitur yang ditawarkan seperti halnya sistem operasi Android atau iOS. Beberapa perangkat yang sudah mengadopsi penggunaan sistem operasi ini antara lain LG Fireweb, Alcatel One, ZTE Open, Huawei Y300II, dan masih banyak lagi.

Tapi ada kabar gembira untuk kita semua :) karena kita bisa mencoba Firefox OS secara langsung tanpa harus membeli perangkat built-in Firefox OS atau mendownload dan install sistem operasi ini. Kita cukup menggunakan browser Firefox dan menambahkan sebuah Add-On yang bernama Firefox OS Simulator. Perlu diperhatikan, add-on ini kompatibel dengan Firefox 30+ dan Firefox OS 1.1. Ukuran add-on ini sekitar 50 MB, cukup besar karena sudah mencakup sistem simulasi OS komplit beserta program aplikasi default. Biasanya butuh beberapa menit untuk menginstall add-on ini.
Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, buka link resmi dari Firefox berikut ini:
https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/firefox-os-simulator/

Coba Firefox OS Sekarang Juga
Klik tombol Add to Firefox. Akan muncul proses downloading Add-on, terlihat pada gambar file ini sebesar 48,7 MB. Butuh waktu beberapa menit tergantung kecepatan internet Anda.
Coba Firefox OS Sekarang Juga
Setelah selesai, akan muncul dialog Software Installation, klik Install Now. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan bahwa proses instalasi sudah sukses.
Coba Firefox OS Sekarang Juga

Pada tahap ini, kita sudah selesai menginstall Firefox OS Simulator. Untuk memastikan, buka browser Firefox > klik menu Add-On > pilih Extensions. Akan muncul add-on baru dengan nama Firefox OS Simulator 4.0.2.

Sekarang kita jalankan simulator yang baru saja kita install dengan cara:
Klik Menu > Developer > Firefox OS Simulator. Akan muncul tab baru yang berisi simulator, cukup klik tombol Stopped di sidebar kiri agar berubah menjadi Running.

Coba Firefox OS Sekarang Juga
Coba Firefox OS Sekarang Juga

Akhirnya jendela Firefox OS Simulator akan muncul. Di dalamnya juga sudah ada beberapa aplikasi default yang bisa langsung dijalankan. Berikut beberapa screenshot dari simulasi Firefox OS:

Coba Firefox OS Sekarang Juga

Coba Firefox OS Sekarang Juga

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon