Kamis, 20 November 2014

Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik

Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik
Jaringan publik seperti Wi-Fi umum yang ada di toko-toko, cafe atau hotel hampir semuanya tidak menjamin keamanan koneksi. Bahkan jika jaringan memiliki password, Anda tetap saja berbagi jaringan dengan banyak orang lain, yang berarti data Anda sangat beresiko. Hacker dapat saja menyadap data-data yang mengalir dari perangkat Anda dan menyalahgunakannya. Berikut adalah beberapa tips agar tetap aman ketika Anda menggunakan jaringan wi-fi publik.

Memang kebanyakan router wireless memiliki firewall untuk melindungi Anda dari dunia luar internet, tapi tidak berarti Anda terlindungi dari orang lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Hal ini menjadikannya sangat mudah untuk mencuri username dan password seseorang, atau melihat apa yang mereka lakukan hanya dengan berada pada jaringan yang sama. Ada beberapa cara untuk pencegahan dengan menyesuaikan pengaturan ke tingkat keamanan yang tepat setiap kali Anda terhubung ke jaringan publik.

Pengaturan
Pertama, mari kita bahas tentang pengaturan dan aplikasi yang dapat membuat Anda tetap aman. Pastikan pengaturan ini diaktifkan kapan saja Anda tersambung di Wi-Fi publik, baik yang memiliki password atau tidak.

Matikan Sharing
Saat Anda di rumah, Anda dapat berbagi file, printer, atau bahkan memungkinkan remote login dari komputer lain pada jaringan Anda. Ketika Anda berada di jaringan publik, Anda pasti tidak ingin ada orang yang dapat mengakses fasilitas sharing dari Anda, karena fitur ini tidak memerlukan seorang hacker kelas kakap untuk melakukannya, dan tergantung pada pengaturan Anda. Berikut adalah cara untuk mematikan sharing:
Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik
Buka Control Panel > Network and Sharing Center, kemudian klik "Change Advanced Sharing Settings" di bagian sidebar kiri. Setelah itu, pastikan Anda mematikan berbagi fitur sharing file dan printer, matikan juga sahring Public foler. Pengaturan ini bisa dimatikan secara otomatis oleh Windows jika Anda memiliki koneksi jaringan Public Network.

Aktifkan Firewall
Kebanyakan OS paling tidak memiliki dinding keamanan yang disebut dengan firewall, dan itu adalah langkah sederhana untuk menjaga pengguna lokal yang tidak diinginkan memasuki komputer Anda.
Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik
Untuk mengaktifkan firewall, buka Control Panel > Windows Firewall, dan pastikan firewall sudah diaktifkan. Anda juga dapat mengatur aplikasi yang memungkinkan akses melewati firewall dengan mengklik "Allow an app or feature through Windows Firewall" di bagian sidebar kiri. Firewall bukanlah pelindung utama, tapi pastikan semua sudah diaktifkan.

Gunakan HTTPS dan SSL
Koneksi situs web biasa lebih banyak melakukan pertukaran HTTP teks biasa melalui jaringan wireless yang terhubung dengan Anda, dan seseorang dengan keterampilan yang tepat dan niat buruk dapat melihat lalu lintas tersebut dengan sangat mudah. Mungkin bukan masalah yang besar jika teks yang dikirim adalah beberapa kata kunci yang Anda masukkan pada pencarian Google, tetapi bisa menjadi masalah besar ketika yang dikirim adlah password untuk akun email atau bank. Menggunakan HTTPS untuk membuka situs web atau jika memungkinkan gunakan juga SSL (jika menggunakan aplikasi untuk mengakses internet, seperti email client) untuk mengenkripsi data yang lewat secara bolak-balik antara komputer Anda dan server web dan menjauhkan Anda dari para penyadap.
Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik
Banyak situs termasuk Facebook, Gmail, dan lain-lain saat ini sudah melakukannya secara otomatis, tetapi tetap lihat address bar dan pastikan terdapat huruf "s" dalam "https" ketika Anda memasukkan informasi yang sensitif. Jika huruf "s" menghilang, Anda harus log out segera. Situs lain ada juga yang secara default menggunakan koneksi HTTP, tetapi mendukung HTTPS jika Anda mengetik huruf "s" secara manual.
Jika Anda mengakses email Anda dari klien desktop seperti Outlook, pastikan bahwa akun Anda sudah terenkripsi SSL. Jika tidak, orang tidak hanya bisa membaca email Anda, tetapi juga mendapatkan username, password, atau apa pun yang mereka inginkan.

VPN (Virtual Private Network)
Sayangnya, tidak semua situs memiliki fitur enkripsi SSL. Mesin pencari lainnya dan penyedia email mungkin masih rentan terhadap orang-orang yang memonitoring aktivitas Anda, jadi jika Anda sering menggunakan situs-situs tersebut, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan VPN, atau jaringan virtual pribadi.
Tips Tetap Aman di Jaringan Wi-Fi Publik
Layanan ini memungkinkan Anda untuk melewatkan semua aktivitas Anda melalui rute aman, jaringan pribadi yang terpisah, sehingga memberikan Anda keamanan jaringan pribadi meskipun Anda berada di satu publik. VPN dapat didownload dan diinstal ke komputer Anda, dan biasanya kita harus membayar untuk VPN yang berkualitas tinggi. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa layanan VPN gratis yang dapat Anda gunakan. Setelah menginstall, nyalakan setiap kali Anda berada di jaringan publik, dan Anda akan jauh lebih aman daripada tidak menggunakannya.

Matikan Wi-Fi
Jika Anda ingin menjamin keamanan Anda dan tidak sedang aktif menggunakan internet, cukup matikan Wi-Fi pada perangkat Anda. Hal ini sangat mudah dilakukan, tapi memberikan perlindungan yang maksimal. Bukan ide buruk untuk mematikannya untuk sementara waktu ketika Anda tidak online.    

Pngaturan yang lebih baik mungkin untuk membuat keamanan yang lebih untuk sistem Anda, dan bedakan jaringan rumah Anda dengan jaringan publik. Dengan demikian, keamanan koneksi Anda akan terjamin.
Beberapa trik di atas merupakan langkah-langkah pencegahan keamanan, tetapi bukan berarti sudah sempurna. Tentu saja, semua orang sedang belajar di luar sana dan hal ini juga menuntut kita untuk belajar tentang hal-hal baru karena teknologi informasi terus berkembang pesat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon