Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel

Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel
Microsoft Excel merupakan program spreadsheet (lembar sebar) yang paling banyak digunakan orang untuk mengolah data dalam bentuk tabel. Mungkin sudah banyak orang yang mahir menggunakannya, baik secara teori maupun praktek, tapi apakah Anda tahu bahwa kita dapat membuat kalender sendiri menggunakan MS Excel dengan sangat mudah?

Jika Anda browsing dan mencari bagaimana cara membuat kalender otomatis menggunakan Excel, Anda mungkin akan disuguhkan cara membuat kalender secara manual dengan rumus-rumus yang begitu panjang dan sulit dipahami. Tapi dengan trik sederhana ini, Anda dapat membuat kalender berbagai tahun tanpa mengutak-atik formula.
Langkah pertama, pastikan Anda sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Buka program Microsoft Excel, dengan Klik File > New.
Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel

Di bagian templates, pilih Calendars. Akan muncul pilihan template yang sudah tersedia baik berdasarkan tahun atau kebutuhan lain seperti kalender akademik. Karena kita ingin membuat kalender yang dapat mengakomodasi semua tahun, maka pilih pada Other Calendars.
Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel

Dari sini, kita dapat memilih berbagai macam desain kalender yang sudah disediakan oleh Office. Coba pilih Calendar (any year) dan klik tombol Download di bagian kanan. Proses download dari Office.com akan segera dimulai, jangan khawatir karena ukuran file ini sangat kecil, pada gambar terlihat ukurannya adalah 33KB.
Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel

Setelah itu akan terbuka halaman baru dengan nama UniversalCalendar1 dimana di dalamnya sudah ada kalender mulai dari Januari hingga Desember, bahkan Anda dapat mengatur tahun yang ingin Anda lihat dengan menggeser slider di bagian atas.
Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel

Anda dapat mencoba mendownload template lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menyimpan file ini setelah di-download karena tidak otomatis tersimpan.
Pada dasarnya, kita dapat membuat kalender dengan mudah yaitu memanfaatkan template yang sudah disediakan. Kita tinggal mengatur tampilannya agar lebih menarik dengan mengubah warna atau menambahkan gambar.
Semoga bermanfaat.
Membuat Kalender Otomatis Dengan MS Excel 4.5/ 5stars Posted by: Ari K
Catatan Bro Ari http://www.broari.com/2014/03/membuat-kalender-otomatis-dengan-ms-excel.html#comment-form
Cindviadika.blogspot.com mengatakan...

gan, itu ms excelnya versi berapa ya??

Ari K mengatakan...

Yang saya pakai pada contoh adalah Microsoft Office 2010

Rahma Auliya mengatakan...

terimakasih tutorialnya gan..

novi tiwi mengatakan...

ka aku kan udah ngisi agenda ditanggalnya setelah berpindah cell ko tanggalnya berubah jadi # kenapa ya?

Ari K mengatakan...

novi tiwi, jika muncul tanda # biasanya karena ukuran lebar kolom terlalu kecil, coba perlebar kolom hingga semua isi cell terlihat

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.