Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF
Pada tutorial sebelumnya, kita telah membahas mengenai pembuatan bookmark pada file PDF, yaitu navigasi yang berguna sebagai daftar isi file PDF. Portable Data Format (PDF) memang menjadi pilihan banyak orang untuk menyimpan dokumen karena kemudahannya. Tapi, bagaimana cara untuk menyimpan halaman web dalam bentuk file PDF? Ada beberapa cara yang dapat kita manfaatkan untuk mengubah halaman web menjadi sebuah file PDF. Hal ini tergantung pada browser yang kita gunakan.

Browser yang sering digunakan saat ini adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Oleh karena itu, kita akan menyimpan file PDF menggunakan kedua browser ini.
Google Chrome
Mungkin cara ini merupakan cara yang paling mudah karena pada Google Chrome sudah terdapat fasilitas untuk menyimpan halaman web langsung menjadi file PDF, yaitu pada menu print. Tekan tombol menu di bagian kanan atas pada Google Chrome > Print... .
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

Akan muncul halaman print, Tekan tombol Change, kemudian pilih Safe as PDF.
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF
Anda dapat mengatur halaman mana saja yang akan disimpan, layout, margin serta header dan background. Jika sudah klik Save.
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

Mozilla Firefox
Pada Firefox belum ada tool default untuk menyimpan halaman web menjadi PDf, tapi kita dapat menggunakan Add-ons yang tersedia. Buka Menu Firefox di kiri atas > Add-ons, ketikkan di search bar dengan kata kunci "save as pdf", akan muncul Add-ons dengan Save as PDF 1.5, klik Install. Jika sudah selesai akan ada konfirmasi untuk merestart Firefox.
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF
Penggunaan Add-ons ini juga sangat mudah, ketika membuka halaman web yang ingin disimpan sebagai file PDF, Anda cukup menekan icon Save as PDF dan akan muncul jendela Save As.
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF

Selain teknik di atas, tentunya masih ada cara-cara lainnya yang dapat digunakan untuk menyimpan halaman web menjadi file PDF. Dari kedua browser di atas sepertinya mengggunakan Google Chrome lebih mudah karena kita tidak perlu menambahkan Add-ons, tapi tidak semua orang suka menggunakan Chrome. Anda dapat memilih cara yang termudah.
Cara Menyimpan Halaman Web Dalam Bentuk PDF 4.5/ 5stars Posted by: Ari K
Catatan Bro Ari http://www.broari.com/2014/01/cara-menyimpan-halaman-web-dalam-bentuk-pdf.html#comment-form
Adin Cnewend mengatakan...

jozzzz...... mksh

adi laksonoa mengatakan...

Siiip...

Unknown mengatakan...

makasih banyak info nya gan. sangat membantu

moehammad soleh mengatakan...

superrr sipp....

walidin din mengatakan...

Kalau pakai firefox masih pakai odd on ya ga kaya di chrome bisa langsung

Ari K mengatakan...

walidin din, jika menggunakan Firefox memang masih memerlukan Add On, tapi di Windows 10 juga sudah tersedia pilihan "Microsoft print to PDF" yang juga memberikan hasil yang sama.

Pajar Suryanto mengatakan...

Makasih, bro Ari! (y) (y) :)

Nadiya Reskiana mengatakan...

makasih

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.