Jumat, 25 Februari 2011

Hemat Baterai Laptop

Apakah anda pernah mengalami kehabisan battery di tengah mengerjakan pekerjaan penting? Bahkan dengan teknlologi tinggi, battery laptop anda hanya bertahan beberapa jam saja pada sekali charging. Tips berikut ini adalah usaha untuk menekan hal-hal yang paling banyak menghabiskan power battery laptop anda.
Hal-hal yang anda lakukan diantaranya, anda selalu memastikan abttery laptop anda selalu dalam keadaan terisi. Mungkin anda membawa battery cadangan, atau anda selalu membawa charger kemana-mana, sehingga anda bisa recharge laptop anda ketika power battery sudah habis.
Ketika strategi di atas mungkin tidak dapat anda lakukan, berikut ini tips-tips lain untuk membantu menghemat power battery laptop anda.
Salah satu tool yang disediakan oleh Windows adalah power plan yang mampu mengehmat power battery.
Power plan adalah kumpulan setting hardware dan system yang mengontrol bagaimana laptop anda  memanage power. Misalnya, pada Windows 7 memiliki dua pilihan default :
  • Balanced. Memberikan full performance dan brightness ketika anda membutuhkannya, tapi akan berusaha menghemat power ketika komputer idle.
  • Power saver. Pilihan terbaik untuk memperpanjang masa battery. Tapi ada resikonya, yaitu performance yang lebih lambat dari keadaan normal dan brightness yang rendah.
Pabrik komputer mungkin memberikan pilihan tambahan di luar Windows power plan.




Mengganti setting power plan pada Windows
  1. Klik icon battery meter pada area notification di taskbar Windows. Akan muncul pilihan power plans
  2. Pilih salah satu default power plans: Balanced atau Power saver.
Anda juga bisa membuat power saver plan sendiri.
Selain itu, ada juga trik umum lainnya yang bisa diterapkan di komputer selain platform Windows


Turunkan display brightness
Display dalam kondisi tertentu bisa menggunakan lebih banyak power daripada bagian lain dari komputer—bahkan lebih banyak dari hard disk dan CPU. Beberapa laptop memiliki tombol khusus atau tombol cepat untuk mengganti display brightness. Tombol ini mungkin berbeda-beda tergantung merknya.

Matikan atau lepas perangkat yang tidak digunakan
Sebagian besar perangkat USB menggunakan power meskipun hanya untuk terkoneksi dan tidak digunakan. Jika anda menggunakan mouse USB, anda bisa menghemat power mencabutnya  dan menggunakan touch pad atau tablet pen. Jika USB flash drive, lepaskan jika tidak digunakan.

Matikan PC card dan perangkat wireless
Perangkat radio misalnya wireless atau bluetooth, dan PC card juga menghabiskan power meskipun tidak digunakan. Jika tidak sedang dipakai lebih baik dimatikan.

UPDATE: Trik selanjutnya untuk menghemat baterai laptop

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon