Selasa, 08 Februari 2011

BIOS

Banyak orang yang mungkin masih tidak begitu paham dengan apa yang di maksud dengan BIOS. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai BIOS.

Pengertian BIOS
BIOS adalah program built in yang ada pada setiap personal komputer yang memulai sistem operasi ketika pertama kali menyalakan komputer. Biasa juga disebut dengan system firmware. BIOS merupakan bagian dari hardware komputer dan bagian terpisah dari Windows. Software yang sudah built in pada komputer dan dijalankan ketika komputer pertama kali dijalankan. Software ini memulai sistem operasi dan mendukung transfer informasi antara perangkat hardware (sepereti keyboard dan monitor).
BIOS sebenarnya tidak perlu diatur oleh penggunanya dan tidak perlu mengubah isinya. Hal-hal yang bisa diatur dalam BIOS hanya setting-setting tertentu, seperti boot options, hardware options, dan lain-lain.

Informasi BIOS
Informasi mengenai BIOS dapat ditemukan pada informasi umum yang ada di System Information. System Information berisi informasi-informasi yang sangat berguna bagi kita. Pada bagian System Summary pada panel kiri, lihat bagian BIOS Version/Date pada panel kanan untuk melihat jenis BIOS, version number, dan tanggal BIOS dirilis. Untuk informasi spesifik tentang BIOS pada komputer anda, bisa dilihat pada user manual yang ada bersama komputer atau website resmi komputer tersebut.

CMOS, ACPI dan BIOS
Complementary metal oxide semiconductor (CMOS) adalah chip di dalam komputer yang menyimpan semua setting BIOS. Pada akhrinya, istilah CMOS dan BIOS biasanya saling rancu. Tapi sebenarnya CMOS dan BIOS itu berbeda. BIOS adalah sebuah  program, sedangkan CMOS adalah tempat untuk menyimpan program BIOS. CMOS khusunya sangat berhubungan dengan battery power untuk chip memory pada komputer yang menyimpan informasi startup. BIOS menggunakan informasi ini ketika komputer dijalankan. Error message pada CMOS bisa disebabkan oleh kesalahan atau kerusakan battery. Battery mungkin habis jika komputer anda tidak dinyalakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah ini, cukup ganti battery dengan yang baru.
Advanced Configuration and Power Interface (ACPI) adalah standar industri yang mendefinisikan fitur power management dan informasi konfigurasi lain untuk komputer. Beberapa versi BIOS yang lama tidak support ACPI, sehingga akan ada kekurangan pada komputer misalnya tidak bisa masuk ke advanced power modes seperti sleep atau hibernate. Untuk informasi lengkapnya, periksa informasi tentang komputer anda.

Cara Masuk BIOS
Prosedur untnuk masuk ke BIOS berbeda-beda pada setiap produk BIOS. Umumnya, anda harus menekan tombol atau kombinasi tombol saat pertama kali menyalakan komputer sebelum masuk ke sistem operasi. Tombol-tombol yang biasanya digunakan antara lain F2, F12, Delete, atua Esc. Jika sudah  terlanjur masuk ke sistem operasi maka anda harus merestart komputer dan memulai langkah dari awal.

Cara Update BIOS?
Cara untuk update BIOS tidak sama pada beberapa produk. Jika anda tetap ingin update BIOS anda, carilah kembali informasi mengenai komputer anda.anda harus hari-hati ketika anda meng-update BIOS anda. Interface BIOS hanya didesain untuk pengguna yang benar-benar paham, jika terdapat kesalahan saat setting dapat menyebabkan komputer tidak berjalan dengan baik. Update BIOS anda hanya jika memang harus dilakukan (misalnya untuk mengatasi masalah kompatibilitas). Proses ini bisa jadi akan membingungkan anda, dan jika muncul error, resikonya adalah komputer anda tidak akan bisa berjalan. Ikuti saja instruksi dari pabrik pembuatnya dengan teliti.
Software yang sudah built in pada komputer dan dijalankan ketika komputer pertama kali dijalankan. Software ini memulai sistem operasi dan mendukung transfer informasi antara perangkat hardware (sepereti keyboard dan monitor).

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon