Sabtu, 06 November 2010

Windows Azure

Windows Azure ™ adalah sistem operasi cloud yang berfokus pada pertumbuhan bisnis, bukan tantangan bisnis. Dengan Windows Azure Anda dapat membuat dan host aplikasi Web dan layanan yang cepat skala atas atau bawah, tergantung pada tuntutan bisnis. Dan Anda bisa melakukan semuanya dengan keahlian dan alat yang pengembang Anda dan staf TI sudah tahu dan menggunakan setiap hari. Windows Azure menyediakan pengembangan dengan on-demand computing dan storage, host, scale, dan mengelola aplikasi web di internet melalui Microsoft ® datacenters.


Windows Azure adalah sebuah platform yang fleksibel yang mendukung beberapa bahasa dan terintegrasi dengan lingkungan yang ada pada-tempat anda. Untuk membangun aplikasi dan layanan pada Windows Azure, pengembang dapat mengandalkan kemampuan Microsoft Visual Studio ®. Selain itu, Windows Azure sangat mendukung standar, protokol dan bahasa yang populer termasuk SOAP, REST, XML, Java, PHP dan Ruby. Windows Azure sekarang tersedia secara komersial di 40 negara.

Skenario Aplikasi :
Windows Azure adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data di server yang dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft. Aplikasi ini dapat ditargetkan pada bisnis, konsumen atau keduanya. Beberapa contohnya adalah :
• Perusahaan yang menggunakan Windows Azure untuk menjalankan jalur line-of-business, pemrosesan batch atau perhitungan dengan volume yang besar.
• Sebuah vendor perangkat lunak independen (ISV) yang menciptakan aplikasi SaaS yang ditargetkan untuk pengguna bisnis.
• Melakukan penyimpanan bervolume besar, batch processing, intens atau perhitungan volume besar.
• Sebuah ISV yang menciptakan aplikasi SaaS ditargetkan untuk konsumen.


Manfaat:
• Agility: Manfaatkan alat pembangunan, manajemen layanan otomatis dan keberadaan datacenter global untuk merespon lebih cepat untuk kebutuhan pelanggan, fokus pada differentiators kompetitif Anda, dan meraih pasar baru.
• Efficiency: Windows Azure meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efisiensi operasional dengan menurunkan biaya modal di muka. Pelanggan dan mitra dapat mewujudkan pengurangan total biaya operasi dari beberapa beban kerja sampai 30 - 40% selama periode tahun 3. Konsumsi berdasarkan harga, paket dan diskon untuk mitra dan memastikan prediksi kebutuhan TI di masa yang akan datang.
• Focus: Fokus memberikan layanan dan nilai bagi pelanggan Anda - dan bukan pada pengelolaan infrastruktur teknologi. Windows Azure memungkinkan Anda untuk mengatasi rintangan operasional dalam waktu yang singkat dan lebih banyak waktu berfokus pada differentiators kompetitif Anda.
• Simplicity:. Memanfaatkan keterampilan Anda yang ada dalam bahasa pemrograman seperti NET, Java dan PHP untuk membuat dan mengelola aplikasi web dan layanan.
• Trustworthy: Layanan kelas Enterprise yang didukung oleh tingkat layanan handal dan pengalaman yang luas.


Fitur:
Windows ® Azure berfungsi sebagai pengembangan, run-time, dan lingkungan pengendalian untuk Windows Azure Platform. Windows Azure menangani load balancing, manajemen sumber daya dan manajemen siklus hidup dari layanan awan berdasarkan kebutuhan bahwa pemilik layanan tersebut ditetapkan. Seorang pengembang yang ingin menyebarkan aplikasi ke Windows Azure menentukan topologi layanan, termasuk jumlah instansi untuk menyebarkan dan pengaturan konfigurasi. Windows Azure mengatur layanan dan mengelola upgrade dan manangani kesalahan.

Layanan Penyimpanan (Storage):
Windows Azure menyediakan jasa penyimpanan persisten, penyimpanan tahan lama di cloud (awan). Layanan penyimpanan fundamental tersebut mencakup:
• Binary Large Object ject (BLOB) layanan untuk menyimpan teks atau data biner
• Queue service untuk dapat diandalkan, terus-menerus antara layanan pesan
• Table service, untuk penyimpanan terstruktur yang dapat di-query
• Windows Azure Drive yang memungkinkan aplikasi Windows Azure untuk me-mount Page Blob, yang merupakan volume tunggal NTFS VHD. Hal ini memungkinkan aplikasi untuk upload/download VHD melalui blobs.

Windows Azure SDK menawarkan API REST dan mengelola API untuk bekerja dengan layanan penyimpanan (storage). Anda dapat mengakses layanan penyimpanan dari dalam saat layanan berjalan di Windows Azure atau langsung melalui internet dari setiap aplikasi yang dapat mengirim dan menerima data melalui HTTP/HTTPS.

Kebutuhan Hardware Komputer:
Pengembang memiliki kemampuan untuk memilih ukuran VM untuk menjalankan aplikasi mereka berdasarkan kebutuhan aplikasi sumber daya mereka. Windows Azure menyediakan contoh dalam empat ukuran yang unik untuk mengaktifkan aplikasi yang kompleks beserta beban kerjanya


Ukuran
CPU
Memory
Storage
Kinerja I/O
Small
1.6 GHz
1.75 GB
225 GB
Moderate
Medium
2 x 1.6 GHz
3.5 GB
490 GB
High
Large
4 x 1.6 GHz
7 GB
1,000 GB
High
Extra large
8 x 1.6 GHz
14 GB
2,040 GB
High

Jenis instance yang berbeda akan memberikan kinerja minimum yang berbeda dari shared resource (sumebr daya bersama) tergantung pada ukurannya. Perhitungan dengan ukuran indikator kinerja yang tinggi seperti yang tercantum dalam tabel di atas akan memiliki alokasi lebih besar dari shared resource. Memiliki alokasi yang lebih besar dari shared resource juga akan menghasilkan performa I/O yang tinggi pula.

5 comments

Di dalam windows Azure banyak aplikasi - aplikasi yang saya tidak mengerti,setelah melihat info yang diberikan kepada saya akhirnya dapat bermanfaat dan berguna untuk mngetahui perkembangan yang akan mendatang.
Terima Kasih

Sepertianya fitur azure jauh lebih maju dan pertahanan yang ketat.

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Makasih sudah berkunjung gan,.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon