Jumat, 15 Oktober 2010

Topologi Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer ada lima jenis topologi jaringan. Jaringan dapat dihubungkan pada dua tingkat, yaitu tingkat fisik dan tingkat logic. Sebuah topologi pada dasarnya mendefinisikan bagaimana jaringan harus dirancang dan menyediakan struktur hubungan ke jaringan.
Kelima jenis topologi tersebut yaitu :
  • Bus
  • Ring
  • Star
  • Tree
  • Mesh

Topologi Bus
Topologi bus adalah serangkaian node yang semuanya terhubung ke backbone (jalur utama. Jaringan Bus biasanya bekerja dengan baik untuk jaringan yang kecil dan biasanya menggunakan kabel Ethernet. Sangat mudah untuk mengatasi permasalahan yang timbul dalam jaringan bus. Semua node dalam jaringan bus tergantung pada backbone dan jika ada satu node yang terganggu maka node yang lain juga akan terganggu.

Topologi Ring
Sebuah jaringan berbentuk ring (cincin) dalam bentuk melingkar dan setiap node terhubung ke sisi-sisi cincin itu. Topologi cincin jarang dipakai karena memiliki banyak kekurangan. Jika ada kabel rusak atau kerusakan pada salah satu node maka seluruh jaringan akan berhenti.



Topologi Star
Topologi star didasarkan pada node sentral (pusat) yang disebut dengan hub. Topologi star umumnya dipakai dalam jaringan di rumah-rumah dan kantor, di mana semua komputer client terhubung ke pusat yaitu hub. Media yang biasa digunakan dalam topologi ini adalah UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel yang dipilin secara berpasangan. Jika ada satu node berhenti berfungsi atau jika ada kerusakan kabel pada salah satu node tidak akan mengganggu node yang lainnya.

Topologi Tree / Extended Star
Topologi tree adalah gabungan jaringan star yang disatukan. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa topologi tree mengikuti suatu hirarki dan seluruh tree tergantung pada hirarki ini.

Topologi Mesh
Topologi Mesh adalah sekelompok node yang saling terhubung satu sama lain dan banyak jenis koneksi yang mungkin dalam topologi mesh. Setiap node terhubung ke node lain dalam suatu topologi mesh dan kemungkinan putusnya hubungan sangat minim. Topologi mesh banyak digunakan pada WAN (Wide Area Network).


Topologi jaringan adalah bagian paling penting dari komunikasi data, komunikasi dimulai dalam jaringan. Ada banyak jenis jaringan, misalnya jaringan kabel, teknologi nirkabel (wireless), teknologi mobile, komunikasi satelit dan kombinasinya. Jaringan wireless menjadi semakin populer di kalangan perusahaan dan kampus sehingga mereka tidak perlu menghabiskan terlalu banyak biaya untuk membeli kabel, juga lebih efisien dalam penggunaannya. Namun ada masalah keamanan dalam teknologi wireless ini. Jika dibandingkan dengan jaringan kabel, keamanan jaringan kabel masih lebih baik.

Sebuah perusahaan dapat memilih untuk menggugat semua jenis jaringan namun mereka masih membutuhkan topologi untuk merancang sistem komunikasi dan rencana aliran data dan data pesanan yang akan mengambil saat bepergian. Hal ini sangat penting dan untuk ini anda perlu memutuskan salah satu format topologi. Bahkan jaringan nirkabel perlu menyesuaikan diri dengan mesh, star, atau topologi tree.
Dalam rangka untuk mendirikan sebuah jaringan seseorang harus menjadi insinyur jaringan dan harus mengetahui fungsi dari topologi jaringan dari tingkat fisik. Lalu ada adalah logis atau tingkat perangkat lunak mana jaringan perlu diprogram. Namun langkah utama adalah pada tingkat fisik. Setelah jaringan mengatur fisik maka perangkat lunak dapat diinstal dan protokol dapat dikonfigurasi. Masalah jaringan pada tingkat logis sangat sederhana, namun hal yang sama tidak dapat dikatakan pada tingkat fisik. Untuk mengidentifikasi masalah jaringan insinyur harus mengetahui fungsi seluruh topologi jaringan.

3 comments

info nya sangat menarik tentang topologi jaringan yang ada di dalam komputer,wawasan yang anda jelas sangat jelas u mempelajari dan mengerti.
terima kasih.

Terima kasih...
Semoga bermanfaat..

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon