Rabu, 13 Oktober 2010

Jaringan Komputer

Jaringan komputer, juga disebut computer network, merupakan dua atau lebih komputer yang terhubung dengan satu sama lain untuk tujuan komunikasi data elektronik. Selain dihubungkan secara fisik, suatu sistem jaringan melayani fungsi penting dalam membangun sebuah arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang mudah. Sebuah jaringan komputer dapat terdiri dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain.

Karakteristik Jaringan Komputer

Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya:
  • Anda dapat memainkan CD musik dari satu komputer sambil duduk di komputer lain
  • Anda mungkin memiliki komputer dengan CD writer atau sistem cadangan namun komputer lain tidak memilikinya; Dalam hal ini, Anda dapat membakar CD atau membuat backup pada komputer yang memiliki salah satu ini tetapi menggunakan data dari komputer yang tidak memiliki CD writer atau sistem cadangan
  • Anda mungkin memiliki komputer yang tidak memiliki DVD player. Dalam hal ini, Anda dapat menempatkan sebuah film DVD di komputer yang memiliki DVD player, dan kemudian melihat film pada komputer yang tidak memiliki DVD player
  • Anda dapat menghubungkan printer (atau scanner, atau mesin fax) untuk satu komputer dan menghubungkan komputer lain agar bisa menggunakan printer anda (atau scan, atau fax)
  • Anda dapat membuat file dan menyimpannya di satu komputer, kemudian mengakses file dari komputer lain yang terhubung ke komputer tersebut

Jaringan Peer-to-Peer

Berdasarkan tata letaknya (biasa disebut dengan topologi), jaringan komputer terdiri dari dua jenis. Jaringan pertama disebut sebagai peer-to-peer (sebaya) yaitu komputer-komputer yang terhubung memiliki kedudukan yang sama, tidak ada yang berperan sebagai server atau sebagai client secara langsung.


Sistem Operasi yang digunakan bisa berbeda-beda misalnya Microsoft Windows 9X, Me, Windows XP Home Edition, atau Windows XP Professional (Anda juga dapat menghubungkan Novell, SUSE Linux sebagai bagian dari sebuah jaringan berbasis Microsoft Windows, saat ini hampir semua sistem operasi dapat dengan mudah untuk terhubung dan menjadi bagian dari jaringan).

Dalam sebuah jaringan peer-to-peer, setiap komputer memiliki file dan sumber daya. komputer lain dapat mengakses sumber daya tetapi komputer yang memiliki sumber daya khusus harus diaktifkan untuk komputer lain untuk mengakses sumber daya yang dimilikinya. Misalnya, jika printer terhubung ke komputer A dan B ingin komputer ke printer ke printer itu, komputer A harus aktif.

Jaringan Client/Server

Sebuah jaringan komputer disebut sebagai klien / server jika atau paling tidak salah satu komputer ”server” digunakan untuk "melayani" komputer lain disebut sebagai "klien". Selain komputer, jenis lain dari perangkat dapat menjadi bagian dari jaringan
Dalam lingkungan client/server, setiap komputer masih bisa mengakses sumber daya dan file pada komputer lain, seperti pada jaringan peer-to-peer. Salah satu ciri khas dari jaringan client/server adalah terdapat mekanisme file dan sumber daya yang terpusat. Ini berarti bahwa komputer server, dapat mempertimbangkan apakah komputer client dapat mengakses sumber daya yang ada. Karena server selalu Aktif, mesin-mesin klien dapat mengakses file dan sumber daya di jaringan.

Keuntungan besar lain dari jaringan client/server memiliki keamanan yang cukup memadai, mudah dikelola, dan sangat efisien. Untuk mengakses jaringan, seorang user atau pengguna (dalam hal ini client) harus memiliki identitas untuk masuk ke dalam jaringan, termasuk username dan password. Jika user tidak memiliki username dan password maka ia tidak akan bisa masuk, sehingga mereka tidak bisa mengakses jaringan.

Jaringan Cleint/Server merupakan jenis jaringan yang meiliki banyak kelebihan antara lain seperti backup secara terpusat, kemampuan Intranet, pemantauan jaringan, dll.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon