Minggu, 24 Oktober 2010

Definisi Programmable Logic Controller (PLC)

Digital Signal - Sebuah sinyal digital adalah salah satu karakteristik yang penting (misalnya, tegangan atau arus) jatuh ke dalam rentang nilai diskrit. Interpretasi dari sebuah sinyal analog akan sesuai dengan sinyal karakteristik kunci yang akan menjadi sinyal kontinyu. Kebanyakan sistem digital menggunakan dua tingkat tegangan. Sistem dengan lebih dari dua tingkat memasukkan MIL-STD-1553 bus. Ada tiga rentang didefinisikan. Perangkat flash memory yang lebih baru menggunakan empat tingkat untuk penyimpanan, menggandakan densitas bit untuk dua bit per sel.


Programmable Logic - unsur logika yang fungsinya tidak terbatas pada fungsi tertentu. Ini dapat diprogram di berbagai level life cycle (siklus kehidupan). Pada awalnya, ini diprogram oleh vendor semikonduktor (standard cell, gate array), oleh desainer sebelum perakitan, atau oleh pengguna, dalam rangkaian.

Gate Array - Transistor atau gerbang dibuat dalam array 2 dimensi pada sebuah dadu untuk membentuk dasar standar sirkuit terintegrasi khusus aplikasi, application specific integrated circuit (ASIC). Perangkat diprogram oleh lapisan logam yang saling terhubung dalam array. Beberapa gate array memiliki fitur lain seperti blok SRAM, phase lock loops, delay locked loops, dll

Standard Cell - Perangkat ini berbeda dari gate array karena setiap sel dapat berbeda dan dioptimalkan untuk setiap fungsi "standar". Tidak ada lapisan standar untuk perangkat dan setiap lapisan chip merupakan desain yang unik.

Field Programmable Logic Array (FPLA) - And / Or / Invert arsitektur sekering dengan tiga level.


Field Programmable Logic Sequencer (FPLS) - Kendali kondisi mesin. Diprogram And dan Or.

Field Programmable Gate Array (FPGA) - Perangkat ini mirip dengan gate array, perangkat dikirim ke pengguna dengan tujuan umum pra-fabrikasi, biasanya dengan segmen panjang variabel atau track routing.
Perangkat ini diprogram dengan menyalakan switch yang menghubungan antara node sirkuit dan track routing yang terbuat dari logam. Koneksi dapat dilakukan dengan sebuah saklar transistor (yang dikendalikan oleh elemen memori programmable) atau oleh suatu antifuse. Saklar transistor dapat dikendalikan oleh sel SRAM atau EPROM / EEPROM / sel Flash. Timing biasanya tidak sulit ditebak. Beberapa arsitektur menggunakan dedicated logic dan routing resources untuk mengoptimalkan fungsi kecepatan tinggi seperti carry chains, width decodes, dll

PROM, PAL, dan PLA tiga perangkat yang saling terkait. Ketiga perangkat tersebut berbagi arsitektur yang terdiri dari pesawat AND dan OR. Fitur tambahan seperti Programmable I/O, register penyimpanan, dll, dapat disertakan dalam perangkat ini. Pihak komersial, militer, dan lainnya menggunakan berbagai elemen yang dapat diprogram kembali (programmable).

Programmable Read Only Memory (PROM) - Perangkat ini memiliki logika AND tetap, sepenuhnya diterjemahkan oleh logika OR yang programmable. Unsur programmable untuk perangkat ini meliputi EPROM, EEPROM, fuse dan antifuses. Fuse megnandung unsur-unsur nichrome dan polysilicon. Struktur Antifuse dapat terdiri dari Oxide-Nitride-Oxide (Lockheed-Martin) atau material amorphous silicon (UTMC). Elemen lainnya mungkin dapat digunakan dalam beberapa perangkat.

Programmaed Array Logic (PAL) - Perangkat ini memiliki programmable AND dan sebuah pesawat OR tetap.
Perangkat komersial / militer banyak menggunakan fuses - satu jenis perangkat yang menggunakan sel EEPROM dan logika (CoolRunner). Perangkat UT22VP10 UTMC menggunakan antifuse silikon amorf sebagai elemen programmable. Ini sering disebut sebagai Simple Logic Programmable Devices (SPLDs).

Programmable Logic Array (PLA) - Perangkat ini telah menggunakan programmable DAN dan programmable OR. Struktur PLA juga dapat menjadi bagian dari CPLDs. Dua lapisan struktur programmable menambahkan delay yang tetap.

Programmable Logic Kompleks Device (CPLD) - Sebuah perangkat Programmable high density yang arsitektur berdasarkan PAL atau SPLD. Struktur waktu routing lebih mudah diprediksi daripada FPGA.

1 comments so far

mempertemukan definisi programable logic controler(PLC) yang membuat komputer mengabungkan software,hardware dan brainware.bermanfaat infonya dan jelas.
terima kasih

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon