Sabtu, 09 Oktober 2010

Bahasa Pemrograman Java


Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa tingkat tinggi yang dapat dicirikan oleh semua istilah-istilah berikut :

  • Sederhana
  • Arsitektur netral
  • Berorientasi Objek
  • Portable
  • Terdistribusi
  • Kinerja tinggi
  • Multithreaded
  • Robust
  • Dinamis
  • Aman


Dalam bahasa pemrograman Java, semua kode sumber pertama ditulis dalam file teks biasa berakhir dengan ekstensi java.. File-file source tersebut kemudian dikompilasi menjadi. File class oleh compiler javac. . Sebuah file class tidak berisi kode yang asli untuk prosesor komputer, tetapi berisi bytecode - bahasa mesin dari Java Virtual machine (Java VM). Kemudian tool java launcher menjalankan aplikasi Anda dengan instance dari Java Virtual Machine.

 Langkah-langkah dari proses pengembangan software.

Karena Java VM tersedia pada banyak sistem operasi yang berbeda, yang sama. File class mampu berjalan pada Microsoft Windows, Sistem Operasi Solaris TM (Solaris OS), Linux, atau Mac OS. Beberapa mesin virtual, seperti Java HotSpot virtual machine, melakukan langkah-langkah tambahan saat runtime untuk meningkatkan kinerja aplikasi Anda. Hal ini meliputi berbagai tugas seperti menemukan bottleneck dan kompilasi ulang (untuk kode asli) bagian kode yang sering digunakan.

 Melalui Java VM, aplikasi yang sama mampu berjalan pada berbagai platform.

Platform Java
Sebuah platform adalah lingkungan perangkat keras atau perangkat lunak dimana program berjalan. Kami sudah menyebutkan beberapa dari platform yang paling populer seperti Microsoft Windows, Linux, Solaris OS, dan Mac OS. Kebanyakan platform dapat digambarkan sebagai kombinasi dari sistem operasi dan perangkat keras yang mendasarinya. Platform Java berbeda dari platform lain kebanyakan itu adalah platform perangkat lunak-satunya yang berjalan di atas platform berbasis hardware lainnya.
Platform Java memiliki dua komponen:
•  Java Virtual Machine
• Aplikasi Java Programming Interface (API)
Anda sudah diperkenalkan dengan Java Virtual Machine, ini dasar untuk platform Java dan di porting ke berbagai platform hardware.

API adalah kumpulan besar komponen perangkat lunak siap pakai yang menyediakan kemampuan yang banyak berguna.
Hal ini dikelompokkan ke dalam class library dan interface yang terkait; library ini dikenal sebagai package. Bagian selanjutnya, Apa yang Bisa Jawa Teknologi Lakukan? menyoroti beberapa fungsionalitas yang disediakan oleh API.

 API dan Java Virtual Machine melindungi program dari perangkat keras yang mendasarinya.

As a platform-independent environment, the Java platform can be a bit slower than native code. However, advances in compiler and virtual machine technologies are bringing performance close to that of native code without threatening portability.

Sebagai lingkungan platform-independen, platform Java dapat menjadi sedikit lebih lambat dari kode asli. Namun, kemajuan dalam compiler dan teknologi mesin virtual yang menghasilkan kinerja yang mendekati dengan kode asli tanpa menurunkan portabilitas.



This Is The Oldest Page

3 comments

Terimakasih atas artikelnya, buat tambahan referensi belajar.

terima kasih kembali, mari kita saling membantu satu sama lain..

thank ,,,sedikit pencerahan yang bermanfaat

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon